Cara Terbaik Cara Membantu Kucing Melahirkan Agar Selamat Dan Sehat

Kucing salah satu hewan yang paling banyak disukai karena tingkah lakunya lucu dan menggemaskan. Ketika lahiran, anda juga harus bisa membantu kucing melahirkan dengan baik.

Pelihara hewan yang baik itu mampu menangani sebuah masalah pada kucing. Terutama memilih hewan yang menggemaskan ini tentu dengan kelamin nya dahulu.

Alasannya adalah ketika pelihara hewan betina, anda harus sudah siap untuk membantu kucing melahirkan yang tentunya membutuhkan ilmu dan pengetahuan.

Sebelum anda membantu kucing melahirkan anda juga harus mengetahui ciri-ciri kucing anda akan melahirkan.

Cara Mengetahui Kucing Akan Melahirkan

Karena sebelum anda membantu kucing melahirkan anda juga harus memperhatikan gerak-gerik yang tidak terjadi biasanya, seperti induk kucing akan terlihat gelisah.

Baca Juga : Ketahui Tanda Kucing Hamil Agar Tepat Menanganinya

Lalu anda harus menyiapkan segala kebutuhan agar anak-anak kucing lahir dengan selamat, berikut ini adalah cara mengetahui kucing akan melahirkan yang  harus anda perhatikan :

cara membantu kucing melahirkan
  • Biasanya perut akan terlihat menurun beberapa hari sebelum melahirkan serta puting susu kucing akan membesar dan merah
  • Induk kucing biasanya akan mondar-mandir untuk mencari yang aman dan membuat sarang
  • Dan akan merasa gelisah menyebabkan mengeong secara  berlebihan dan terengah-engah
  • Tidak nafsu makan lalu penurunan suhu tubuh 1 – 2 derajat bahkan akan terjadi muntah.
  • Adanya kontraksi, lebih parahnya pecah amnion ( air ketuban ) pada hewan tersebut yang menyebabkan leleran bening pada area kelamin. Menyebabkan si induk untuk menjilati kelaminnya sendiri.

Apa Yang Harus Anda Siapkan ?

Ada beberapa persiapan ketika kucing tersebut ingin melahirkan. Ikuti langkah demi lengkah agar induk dan anak tersebut sehat dan tentunya selamat.

  • Anda harus membuat 2 kotak untuk tempat melahirkannya dan tempat anak kucing setelah lahir seperti kardus
  • Kotak untuk melahirkan cukup menggunakan koran sebagai alas dan kotak. Sang anak kucing harus menggunakan alas kain yang lebih tebal agar bisa menghangatkan tubuh anak-anak kucing
  • Sebaiknya anda menyediakan handuk bersih untuk membersihkan anak kucing yang baru lahir
  • Lalu memberikan pemanasan atau lampu untuk menghangatkan anak-anak kucing

Langkah-Langkah Untuk Membantu Kucing Melahirkan

Anda harus selalu memperhatikan kondisinya hewan tersebut. Setelah memasuki usia kehamilan antara 65-70 hari (masa melahirkan) sudah harus banyak persiapan. Agar kondisi induk juga lebih baik dan siap untuk melahirkan.

Mempersiapkan Kucing Sebelum Melahirkan

Sebagai tuan si pemiliknya harus memberikan asupan makan yang bergizi untuk menambah energi nya saat menghadapi persalinan.

Mempersiapkan Kucing Sebelum Melahirkan

Jika terlihat lemas dan tak berdaya lalu anda juga menemukan gejala-gejala lain seperti muntah berlebihan serta keluar cairan hijau dari kelamin dan terjadinya diare sebaiknya anda segera membawanya ke dokter hewan ya.

Bawa ke dokter bila mana kucing memiliki masalah pada gejala muntah yang berlebih, keluar cairan hijau dari kelamin. Hal tersebut juga dapat menimbulkan tubuh lemas tidak berdaya.

Menjaga jarak dengan kucing yang sedang melahirkan

Induk kucing pada saat persalinan sangat membutuhkan ketenangan jadi biasanya induk kucing akan menyendiri pada saat persalinan. Induk kucing akan merasa terancam dan tertekan jika anda berada terlalu dekat.

Baca Juga : Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Kucing salah satu hewan sensitif ketika sedang melahirkan. Maka dari itu, anda harus jaga jarak akan tetapi harus dalam penjagaan agar tidak terjadi masalah.

Mengamati dalam proses persalinan

Jika kucing yang melahirkan mengeluarkan gelembung air sebelum mengeluarkan bayi nya, lalu kontraksi terjadi dengan interval pada waktu 2-3 menit dan biasanya kucing berada pada posisi meringkuk.

Seperti manusia, hewan juga memiliki masa kritis karena akan mengeluarkan suara merintih dan membuat air ketuban pecah. Hal tersebut bebarengan dengan keluarnya bayi kucing.

Dan tahap ini akan berlangsung kira-kira 30 menit hingga 1 jam setelah bayi pertama lahir, biasanya anak kucing lahir dengan jarak sekitar 1 jam.

4.Memastikan keselamatan bayi kucing

Induk kucing akan menjilatinya ketika bayi kucing sudah lahir, tapi bukan untuk dimakan itu bertujuan induk kucing untuk membersihkan dari lendir yang tersisa serta akan merangsang pergerakan si bayi.

Cara Membantu melahirkan kucing hingga keluarnya anak kucing

Akan tetapi bila anda ingin melakukan membersihkan bayi kucing sendiri, bisa dengan elap lembut. Akan tetapi harus berhati-hati karena bayi kucing masih sensitif.

Terkadang terdapat masalah seperti lendir yang menutup lubang hidung, jika memang terjadi, harus membersihkannya pelan dengan menggunakan alat pipet.

Memastikan plasenta

Jika plasenta tertinggal didalam rahim induknya, maka kemungkinan besar sang induk akan terkena infeksi. Jadi untuk anda harus memastikan setiap bayi keluar dengan plasenta nya.

Dan biasanya induk kucing akan memakan plasenta sang anak, ternyata ini akan membantu sang induk menambah tenaga dan stamina. Karena di dalam plasenta terkandung nutrisi dan hormon yang bagus untuk  kesehatannya.

Tapi anda harus memastikan sang induk jangan memakan berlebihan maksimal induk boleh memakan 3 saja ya, jika memakan lebih dari 3 plasenta kan kemungkinan induk kucing serang diare dan muntah-muntah.

Jangan memotong paksa tali pusar

Putusnya tali pusar memang perlu waktu, karena setiap makhluk hidup yang lahir akan memiliki pusar. Nah jika pusar tersebut belum putus jangan sekali-kali anda memotong nya, karena biasanya sang induk akan menggigit nya untuk memotong tali pusar.

Kalau anda memotong nya bisa saja plasenta yang masih terhubung dengan tali pusar akan terjebak didalam rahim dan itu akan memperburuk keadaan sang induk.

Pastikan induk kucing menyusui anak-anaknya

Air susu pertama mengandung zat yang disebut kolustrum, kandungan ini dapat menebalkan sistem imun pada bayi kucing yang baru lahir.

Jadi anda harus memastikan bahwa induk kucing harus menyusui anaknya, jika enggan coba dekatkan lagi atau anda bisa mengganti dengan susu formula khusus kucing untuk sementara waktu.

Bersihkan bekas-bekas kotoran sehabis kucing melahirkan

Hal ini untuk menghindari kemungkinan timbulnya bakteri yang mengundang penyakit bagi anda dan kucing-kucing anda selain itu untuk kenyamanan kucing anda juga, dan ini menjadi tahap terakhir dalam membantu kucing anda melahirkan.

Kasimpulan

Setelah anda mengetahui cara membantu kucing anda melahirkan, akan membuat anda lebih mengerti hal-hal apa saja yang perlu anda siapkan dan lakukan untuk menghadapi situasi itu terjadi.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *