Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Dengan Mudah

Bayi kucing membutuhkan perawatan dan perhatian lebih setiap waktunya, merawat anak kucing yang baru lahir bukanlah hal yang mudah. 

Induk kucing tidak ada atau tidak bisa mengurus bayi-bayinya, maka kamu harus mengambil tugas si induk dalam memberi makan dan menjaganya agar tetap hangat.

Bayi kucing masih bersama induknya yang kamu perhatikan adalah kebutuhan nutrisi sang induk, karena induk bisa memenuhi segala kebutuhan bayinya. 

Beda ceritanya lagi jika bayi kucing tersebut tidak memiliki induk, atau induknya tidak bisa memenuhi kebutuhannya dalam memberikan susu.

Baca Juga : Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Sebagai pemiliknya kamu harus menyediakan segala kebutuhan setiap harinya, termasuk memberikan susu khusus kucing dan mengambil alih tugas si induk.

Cara merawatnya harus kamu ketahui dan peralatan-peralatan yang harus kamu miliki dalam merawatnya, walaupun ada cara lain dengan mencarikan induk pengganti.

Induk pengganti tidak kamu temukan, maka si pemilik lah yang harus merawatnya dan untuk lebih jelasnya simak penjelasan ini!

Peralatan untuk Merawatnya

Anak kucing yang lahir tidak memiliki induk atau sang induk tidak bisa mengurusnya, maka kamu harus mengambil alih segalanya.

Cara mudah merawat anak kucing baru lahir

Beberapa peralatan ini yang harus kamu butuhkan dalam merawatnya, karena peralatan yang kamu butuhkan juga berbeda-beda tergantung pada keadaanya.

Kebutuhan peralatan bisa kamu sesuaikan dengan kondisi si anak kucing tersebut, nah ini beberapa peralatan yang harus kamu siapkan yaitu:

Siapkan tempat tidurnya

Siapkan tempat tidurnya terlebih dahulu, karena anak kucing baru lahir membutuhkan kehangatan.

Tempat tidurnya bisa menggunakan keranjang plastik atau kardus bekas yang beralas kain maupun handuk bekas, sehingga alas tersebut bertujuan untuk menjaganya tetap hangat.

Suhu tubuh anak kucing yang baru lahir harus tetap hangat, maka dalam menempatkan tempat tidurnya harus kamu perhatikan dan bisa menempatkannya pada ruangan yang hangat ya.

Susu untuk anak kucing

Anak kucing yang baru lahir memiliki masalah ketika tidak memiliki induk, maka dari itu kamu harus membeli susu kucing khusus sehingga memiliki gizi yang baik.

Susu pada anak kucing yang baru lahir adalah makanan pokoknya, maka dalam memberikan susu tersebut harus memiliki jadwal.

Perhatikan dalam memberikan susu tersebut dan jangan sesekali memberikan susu sapi untuk anak kucing yang baru lahir, karena kucing tidak mencerna susu sapi.

Baca Juga : Ketahui Tanda Kucing Hamil Agar Tepat Menanganinya

Berikan susu khusus kucing yang dokter hewan sarankan, lalu kamu harus memiliki botol susu untuk memudahkan dalam memberinya susu tersebut.

Peralatan untuk membersihkannya

Peralatan dalam membersihkannya harus kamu ketahui, yaitu :

  • Kapas
  • Tisu basah
  • Handuk lembut
  • Air hangat

Biasanya sang induk lah yang membersihkan anaknya dengan cara menjilatnya, tapi jika masih terlihat kotor kamu bisa membersihkannya kembali.

Membersihkannya kamu bisa menggunakan kapas atau kain yang lembut dan air hangat, lalu usapkan secara perlahan tapi harus tetap hati-hati.

Menjaga kebersihan pada anak kucing baru lahir sangatlah penting, karena anak kucing sangat rentan terserang penyakit jamur.

Tips mudah untuk merawat anak kucing dengan benar

Nah, setelah anda mempersiapkan peralatan untuk merawatnya dan  ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam merawat anak kucing yang baru lahir. 

Cara merawat anak kucing yang baru lahir itu susah-susah gampang, tapi tetap harus kamu lakukan dengan penuh kasih sayang.

Peralatan untuk merawatnya sudah kamu siapkan maka semuanya akan terasa menyenangkan, lalu berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan yaitu:

Pastikan agar selalu hangat

Ketika anak kucing baru lahir harus keadaan hangat

Memastikan anak kucing yang baru lahir selalu hangat, lalu kamu bisa mengatur suhu ruangan agar selalu hangat atau menempatkannya pada ruangan yang hangat.

Kucing yang baru lahir akan menghangatkan tubuhnya oleh sang induk atau mereka akan saling menghangatkan satu sama lain.

Sejak lahir tempatkan anak kucing pada suhu ruangan 31 – 33 derajat celcius, setelah berusia 5 minggu mereka bisa bertahan pada suhu yang lebih rendah.

Berikan susu untuk anak kucing 

Berikan susu pada kucing baru lahir itu penting, karena susu lah yang akan menjadi makanan pokoknya saat ini. 

Anak kucing yang memiliki induk, maka kamu cukup menjaga nutrisi sang induknya agar bisa memenuhi kebutuhan anaknya.

berikan susu salah satu cara merawat anak kucing baru lahir

Tapi jika tidak memiliki induk atau sang induk tidak bisa menyusui anaknya, lalu kamu harus memberikan susu khusus anak kucing.

Memberikan susu tersebut harus kamu perhatikan dan jangan kamu berikan susu sapi, karena mengandung laktosa yang cukup tinggi.

Laktosa pada susu sapi yang membuat anak kucing tidak bisa mencernanya, Sehingga dapat merusak saluran pencernaannya.

Berikanlah susu formula yang khusus untuk anak kucing, lalu agar lebih aman kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter hewan. 

Gunakan peralatan seperti botol susu khusus anak kucing, lalu pastikan steril sebelum menggunakannya.

Perhatikan selalu kebersihannya

Perhatikan selalu kebersihannya agar kesehatannya tetap terjaga, karena kebersihan yang terjaga akan membuatnya menjadi lebih sehat. 

Bersihkan selalu pada area matanya, karena anak kucing banyak menghabiskan waktunya untuk tidur yang menyebabkan banyaknya kotoran pada area mata tersebut.

anak kucing baru lahir harus di perhatikan kebersihannya

Membersihkan matanya bisa kamu lakukan dengan cara mencelupkan kapas ke dalam air hangat, lalu usapkan kapas tersebut secara hati-hati sampai kotoran matanya hilang.

Tubuhnya juga harus terjaga kebersihannya, karena anak kucing yang baru lahir daya tahan tubuhnya masih lemah.

Gunakan tisu basah dalam membersihkannya atau dengan handuk basah yang hangat, lalu usapkan secara perlahan sampai kotorannya hilang.

Induknya juga sering membersihkannya, tapi kamu juga harus berikut serta dalam membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa tersebut.

Proses penyapihan dari sang induk

Proses penyapihan dari sang induk pada saat berusia 4 minggu, lalu kamu bisa memperkenalkan terlebih dahulu dalam memberinya susu pada mangkuk.

Memberikan susu pada mangkuk yang pertama kamu lakukan sukses, setelah itu beralih secara bertahap ke makanan basah khusus anak kucing.

Memperkenalkan kebiasaan baru pada anak kucing kamu harus melakukannya dengan sabar, karena membutuhkan waktu dan tidak secepat yang kamu bayangkan.

Kesimpulan

Merawat anak kucing baru lahir maupun induknya kamu harus memastikan segala kebutuhannya tercukupi, agar bertumbuh dan berkembang dengan sehat.

Merawatnya bukan sekedar memperhatikan kehangatannya saja, tapi kamu harus memperhatikan segala kebutuhannya dan asupan nutrisi keduanya. 

You May Also Like

About the Author: Endah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *