5 Cara Grooming Kucing Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Memiliki hewan kesayangan tentunya harus dirawat dengan baik tentunya dengan salah satu cara yaitu grooming kucing, sebab dengan melakukan hal demikian, anda sudah bisa dikatakan mampu merawat hewan kesayangan.

Memang pelihara hewan kesayangan membutuhkan biaya yang relatif mengeluarkan isi kantong bulanan, akan tetapi bila mana hewan kucing menjadi lebih baik dan tentunya bulunya halus menjadikan kesenangan anda sendiri, mengapa tidak?

Pentingnya Melakukan Grooming?

Grooming sebagai bentuk perawatan bisa dibilang menjadi salah kewajiban pemiliknya, dan melakukan kebersihan pada hewan bukan sekedar bisa membuat hewan anda menjadi wangi dan bersih tapi juga bisa mencegah mereka terkena penyakit kulit.

Ini fungsi grooming selain membuat rambut hewan selalu sehat dan tidak rontok, melakukan metode merawat juga mampu menghilangkan berbagai jamur, bakteri, dan virus yang ada pada bulu hewan. Dan juga mengurangi jumlah bulu yang tertelan saat kucing menjilati bulunya sendiri

Cara Melakukan Grooming Kucing Dirumah

Dalam melakukan grooming apakah bisa dilakukan sendiri dirumah? Tentu saja bisa, namun harus menggunakan alat khusus, seperti sampo dan juga keperluan lainnya. Dan ini ada beberapa tips khusus untuk anda yang ingin melakukan grooming di rumah;

Siapkan Alat Grooming

Kamu harus menyiapkan beberapa kebutuhan untuk grooming si kucing sebelum melakukan pemeliharaan anda harus melakukan antara lain; Shampo khusus kucing, sisir, pemotong kuku, pembersih telinga, handuk, dan hairdryer atau blower

Menggunting Kukunya

Dengan rutin anda memotong kukunya, maka akan semakin bersih dan perabotan rumah juga akan aman dari cakaran kucing. Selain, itu juga bertujuan agar kita terhindar dari cakaran saat memandikannya.

Gunting kuku kucing

Memotong kukunya hanya sebagian dari cakarnya saja dan jangan potong hingga habis ya.

Memandikan Kucing

Sebelum memandikannya anda harus memberikan pijatan pada tubuh kucing dengan tangan hingga kucing merasa nyaman dan tidak stres.

Baca Juga : Kucing Hutan, Fakta Unik, Tips Merawat Hingga Harga Yang Sangat Mahal

Dan pastikan tubuh kucing tidak terdapat luka seperti memar dan benjolan, lakukan pijatan kurang lebih 10-15 menit.

Dan mulailah memandikannya dengan menggunakan air hangat lalu mengguyur air pada seluruh tubuh kucing secara perlahan setelah itu bisa ditambahkan shampo dan membilasnya.

Cara memandikan kucing

Setelah memandikan nya lalu keringkan tubuh kucing menggunakan handuk, lalu dilanjut menggunakan hair dryer atau blower dan bisa juga kamu menjemurnya dibawah terik matahari.

Menyisir Bulunya

Untuk menyisir nya gunakanlah sisir yang khusus untuk kucing supaya kucing anda lebih merasa nyaman, apalagi jika anda memiliki kucing yang berbulu lebat menyisir bulu kucing sangat lah penting.

Menyisir bulu kucing selain membuat kucing lebih terlihat rapi dan juga bertujuan untuk membersihkan kotoran yang masih menempel pada bulu kucing.

Membersihkan Telinga Kucing

Membersihkan telinga kucing bisa menggunakan kapas atau cotton bud yang ditetesi dengan baby oil atau minyak VCO.

Bersihkan telinga kucing dari noda yang biasanya menempel pada dinding telinganya, jika kotoran tidak bisa dibersihkan maka gunakanlah obat tetes telinga khusus untuk telinga kucing ya.

Harga Grooming Kucing

Untuk anda yang mungkin malas atau tidak ada waktu untuk melakukan grooming dirumah, dan sekarang sudah banyak petshop yang menyediakan jasa grooming loh. Dan ini daftar harga untuk grooming antara lain;

JenisKeteranganHarga
Grooming Kucing Universal Sticky BuddySisirRp.33.000
Grooming Kucing Sampo Anti JamurShampoRp.65.000
Grooming Kucing Hand BlowerPengering buluRp.325.000
Grooming Kucing UnipetSisir kawatRp.25.000
Grooming Kucing Nail Trimmer ClipperGunting kukuRp.26.000
Grooming Kucing Electric Clipper Kit SetCukur buluRp.300.000
Grooming Kucing Unipet BlueSisir mandi kucingRp.23.000
Grooming Kucing SeritSisir kutuRp.65.000

Dan harga grooming di atas bisa saja berubah sesuai kebijakan dari petshop tersebut yaa.

Kesimpulan

Adanya metode Grooming ini bertujuan agar hewan peliharaan anda dapat bersih dan jauh lebih baik sehingga bulu, postur tubuh menjadi lebih terawat sudah tentu hal ini baik untuk kesehatan hewan tersebut.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *