Kucing British Shorthair, Sejarah, Harga Dan Tips Merawat Dengan Baik

Jika kamu senang membuat sebuah website seperti Youtube, Mungkin kamu pernah melihat kucing lucu dan mageran yang bernama kucing British Shorthair di beberapa pembuat video tentang hewan kesayangan ini.

Salah satu Kucing yang banyak diam atau mageran, maka dari itu sangat mudah bagi mereka menjadi gemuk.

Secara garis keturunan masih memiliki garis keturunan dengan kucing persia, dan kucing ini berasal dari Britania dikenal sebagai salah satu jenis ras kucing tertua.

Sejarah Kucing British Shorthair

Awal mulanya kucing ini digunakan sebagai pengusir hama untuk sektor pertanian dan mulai berkembang di Inggris, menurut ilmu sejarah.

Di Inggris kucing ini dikenal sebagai kucing yang kuat, gagah dan berumur panjang. Kelakukan kucing jenis ini sangat unik serta nampak indah, tapi para pecinta kucing di Inggris mulai menyadarinya pada akhir 1800-an.

Anak Kucing British Shorthair

Untuk pertama kalinya diadakan kontes british shorthair di Crystal Palace, London pada tahun 1871 dan banyak sekali mendapatkan penghargaan. Dan sejak saat itulah kucing ini menjadi pusat perhatian para masyarakat.

Ciri Ciri Kucing British Shorthair

Berikut ini ciri-ciri kucing british yang mudah dilihat dari fisiknya yang begitu menggemaskan, yaitu:

  • Memiliki bentuk tubuh yang cukup berat bisa mencapai 4-10 Kg.
  • Dilihat bentuk posturnya yang sangat padat serta cukup pendek
  • Memiliki mata berbentuk bundar dan berhidung pesek
  • Kepala berbentuk bulat
  • Kaki bulat panjang dengan kuku yang kuat
  • Memiliki leher dengan lekukan yang cukup lebar
  • Dan kucing jenis ini bisa hidup sekitar 12-20 tahun

Fakta Unik Kucing British

Hewan yang satu ini memiliki fakta unik yaitu, memiliki tingkat kesehatan yang tinggi jadi dia mampu hidup 14-20 tahun bahkan lebih jika dirawat dengan baik. Kucing british ini sudah ada sejak abad pertama atau sekitar 2000 tahun yang lalu, kucing ini memiliki sifat yang sangat kalem.

Karena sifatnya kalem kucing ini sangat rentan terhadap obesitas, jadi untuk kamu yang memeliharanya harus mengatur pola makannya dan sering mengajaknya bermain.

Dan kucing ini memiliki kemiripan yang sangat identik dengan kucing scottish fold namun perbedaan nya hanya terdapat pada telinganya karena kucing scottish fold memiliki telinga yang berlipat.

4 Cara Merawat Kucing British Shorthair

Merawat Kucing British Shorthair

Kucing ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam perawatannya, tapi jika kalian paham dengan cara merawatnya maka semua akan terasa mudah. Berikut ini cara merawat kucing british yang bisa kalian lakukan:

Memberinya makan

Karena hewan ini sangat malas untuk bergerak jadi anda harus memperhatikan gizi dan jenis makanan yang anda berikan kepada kucing shorthair ini.

Makanan yang dibutuhkan harus memenuhi komposisi protein dan lemak omega 3dan6, karena protein berguna untuk memvbangun otot dan membuang lemak sedangkang lemak omega 3dan6 berguna untuk menjaga bulu mereka agar tetap tumbuh sehat.

Penanganan dokter hewan

Mengingat kucing yang jenis ini sangat rentan gemuk, memang setiap orang pasti menyukai kucing yang terlihat gemuk tapi jika terlalu gemuk akan rentan terhadap penyakit seperti obesitas, bahkan gagal jantung karena penyakit ini berawal dari si kucing terlalu gemuk. Maka untuk itu anda harus sering melakukan konsultasi kepada dokter hewan, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Kebersihan kucing

Kucing ini harus sering dimandikan agar terhindar dari kutu maupun jamur, dan anda harus memperhatikan kesehatan mulut si kucing terutama mengenai kebersihan giginya. anda harus sering-sering menggosok giginya dengan sikat gigi dan odol khusus kucing.

Tempat BAB

Anda dapat menyediakan tempat BAB seperti wadah yang sudah dilengkapi dengan pasir khusus, karena kucing hewan yang sangat pintar ketika mereka akan mengeluarkan kotoran, mereka akan pergi ketempat BAB maka dari itu anda harus menyediakannya.

Harga Kucing British Shorthair

Salah satu hewan yang sangat mahal harganya dapat mencapai puluhan juta rupiah, dan ini ada daftar harga kucing British Shorthair antara lain :

Nama KucingUmurHarga
Kucing British Indukan8 bulanRp30.000.0000
Kucing British Ras Asli6 bulanRp28.000.000
Kucing British Kitten2,5 bulanRp25.000.000
Anakan Kucing British Shorthair3 bulanRp20.000.000
Kucing British Shorthair Jantan Ped Ica4 bulanRp18.000.000
Kucing British Shorthair Bicolor2 bulanRp17.000.000
Kucing British Shorthair Asli6 bulanRp15.000.000
Kucing British Shorthair Betina1 tahunRp3.500.000
Kucing British Shorthair Mix Persia5 bulanRp850.000

Kesimpulan

Harga kucing British lebih mahal dibandingkan dengan kucing himalaya, akan tetapi salah satu hewan tertua yang mirip dengan Scottish fold, hewan yang berasal dari Inggris ini dikenal sebagai kucing yang kuat, gagah dan berumur panjang ini yang dibanderol cukup mahal.

Jika anda berminat untuk memeliharanya pastikan anda memiliki uang yang cukup karena selain harganya yang lumayan perawatannya juga ikut mahal.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *