Kucing Hutan, Fakta Unik, Tips Merawat Hingga Harga Yang Sangat Mahal

Anda tau kucing hutan? yaa, walaupun namanya hewan ini tidak selalu berada di kawasan pedalaman dengan banyak pepohonan. Hewan jenis ini atau bisa disebut hewan Macan Akar (Felis Bengalensis),yang berukuran sama seperti hewan rumahan lainnya.

Kucing yang memiliki warna kecoklatan serta belang-belang hitam pada bagian kepala sampai tengkuk dan selebihnya toto-totol hitam tersebut, lalu pada bagian yang dibawah perut berwarna putih serta dengan totol-totol coklat tua dan ekor terlihat lebih panjang daripada badannya. Hal ini menjadi ciri khas paling meninjol, serta yang lebih menariknya lagi ciri khas ini tidak terdapat pada kucing-kucing liar lainnya.  

Popularitas Kucing Hutan

Hewan ini bereproduksi dengan masa kehamilan seperti hewan biasanya yaitu sekitar 70 hari dan satu induk bisa menghasilkan anak 2-4 ekor anak, yang membedakan dengan lainnya biasanya yaitu anak kucing hutan sudah bisa mencari mangsanya sendiri pada saat dia sudah bisa membuka matanya.

Harga Kucing Hutan

Kucing ini paling banyak ditemukan di India, Bangladesh dan Pakistan. selain itu mereka juga bisa ditemukan di Mesir dan seluruh wilayah Asia Barat Daya, Asia Tenggara, dan Asia Tengah serta meluas diwilayah nya hingga selatan China.

Fakta Unik Kucing Hutan

Untuk penandaan aroma kucing hutan akan mengusapakan pipi mereka terhadap sesuatu, dan mereka akan meninggalkan air liurnya untuk hewan sejenis lain di spesies mereka.

Lalu untuk mengambil aroma mereka pejantan akan sering menggosokan pipinya pada betina, bertujuan agar memberi tanda kepemilikan untuk pejantan lain agar tidak mengambil si betina nya dan yang paling unik ketika mereka mati dimasalalu hewan tersebut dimumikan serta dimasukan kedalam kuburan di Mesir.

Cara Merawat Kucing Hutan

Untuk perawatan nya tidak jauh berbeda dengan jenis kucing lainnya, hanya saja anda harus memiliki izin terlebih dahulu dari pemerintah karena ketika memiliki izin untuk memeliharanya maka anda akan bebas dari hukum karena hewan jenis ini hewan yang terlindungi. Berikut ini ada beberapa cara merawat kucing yang benar;

Peliharalah Hewan Kesayangan Dari kecil

Sebaiknya kalian memeliharanya sejak usia dini karena hewan kesayangan yang terbilang ganas dan juga liar. Dan jika kalian memelihara nya pada saat sudah dewasa tentu saja itu sangat sulit untuk dilatih.

Cara Memberikan Makan

Harga kucing hutan ini cukup mahal maka perawatan nya juga ikut mahal jika anda berminat untuk memeliharanya maka anda harus menerima konsekuensinya.

Kucing Hutan Dahan

Pemberian makan untuk hewan ini tidak boleh langsung memberikan makanan kemasan seperti makanan hewan sejenis pada umumnya, kalian harus menyesuaikan makanan yang dimakan hewan ini ketika berada di dalam alam yang hewan ini hidup.

Siapkan tempat khusus

Kucing ini adalah hewan Nocturnal (Aktif di malam hari), ketika kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya apa yang dilakukan hewan ini pada malam hari. Sehingga kita perlu menyediakan tempat khusus dan tidak menempatkan hewan kesayangan ini di tempat yang rawan berbahaya.

Selalu memeriksa kondisi kesehatan

Walaupun hewan ini berasal dari hutan, bukan berarti si hewan liar ini tidak akan mudah terserang penyakit.

Kamu harus memperhatikan apa yang dimakan si kucing sebab, kesalahan makan pada si kucing dapat mengakibatkan kesehatan kucing ini akan terganggu atau bisa saja si kucing mengalami keracunan.

Semua hal yang ada berhubungan dengan kontak langsung dengan si kucing harus terkontrol dengan baik. Selain makanan, kebersihannya juga harus kalian perhatikan.

Harga Kucing Hutan

Merawat Kucing Hutan

Harga Kucing hutan ini sangat bervariasi, akan tetapi harga yang ditawarkan memang cukup mahal karena langka dan juga salah satu hewan yang di lindungi di Indonesia sendiri.

Jenis Kucing HutanUmurHarga
Anakan Blacan Non-Ped1 bulanRp22.005.000
Anakan Blacan Kitten2 bulanRp4.505.000
Anakan Blacan 1 Pasang6 bulanRp8.705.000
Anakan Blacan Asli3 bulanRp8.705.000
Anakan Blacan Jantan4 bulanRp4.005.000
Blacan Betina2 tahunRp6.005.000
Kucing Asli Sumatera4 bulanRp455.000
Kucing Hutan Asli Jawa1 tahunRp1.005.000
Kucing Asli Anakan Murah3 bulanRp335.000
Kucing Asli Macan Dahan6 bulan – 2 tahunRp100.005.000
Kucing Hutan6 bulanRp505.000
Kucing Hutan Kalimantan2,5 bulanRp405.000
Jenis Macan Dahan3 bulan – 1 tahunRp3.005.000

Kesimpulan

Jika kalian berminat untuk memelihara hewan ini kalian harus banyak pertimbangan karena selain harganya yang cukup mahal, perawatan nya juga ikut mahal .

Anda juga harus memiliki izin terlebih dahulu untuk memeliharanya karena hewan ini dilindungi supaya kalian terbebas dari hukum.

Kucing Hutan lebih langka akan tetapi dalam masalah harga masih jauh lebih mahal British Shorthair dimana harga hewan mencapai 30 jutaan untuk indukannya.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *