Kucing Scottish Fold, Harga, Sejarah Dan Tips Merawatnya

Dilihat dari fisiknya yang memiliki bentuk telinga yang berlipat ke dalam, nama Kucing Scottish fold berasal dari Skotlandia. Dan arti dari kata Fold yaitu terlipat, keunikan pada bentuk wajah dan tubuhnya mampu mengingatkan kita kepada beruang atau burung hantu.

Kucing ini memiliki nama ilmiah Felis Catus adalah salah satu jenis kucing domestik yang berukuran sedang dan memiliki wajah yang bulat.

Mengenal Sejarah Kucing Scottish Fold

Kucing ras ini bermula ditemukan Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961 dengan adanya kucing putih yang bernama Susie.

Karena kucing yang bernama Susie ini memiliki bentuk telinga yang tidak biasa yaitu berlipat kedalam seperti burung hantu, dan saat ditemukan kucing yang bernama Susie ini sedang hamil yang kemudian melahirkan anak-anak yang lucu dan memiliki bentuk telinga yang sama seperti induknya.

Lalu salah satu anak Susie ini diadopsi oleh tetangga si petani yang bernama Mary, dan pada tahun 1966 yang awalnya disebut Floppy ears berubah menjadi Scottish fold.

Mary dan suaminya mendaftarkan Scottish fold ke GCCF (Governing Council OF The Cat Fancy. Dibantu seorang ahli genetika Mary dan Suaminya mencoba mengembangbiakan kucing Scottish ini.

Lalu lahirlah 76 ekor kucing ras Scottish dimana 42 ekor diantaranya memiliki bentuk telinga melipat, sedangkan sisanya memiliki bentuk telinga yang meruncing.

Walaupun sudah terbukti bahwa kucing jenis ini memiliki dominan gen telinga berlipat, tapi pada tahun 1971 GCCF menghapus kucing ras Scottish dari daftar dengan alasan belum memiliki gen yang stabil.

2 Jenis Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish ini lalu diekspor ke Amerika Serikat untuk disilangkan dengan kucing ras bulu pendek sehingga memiliki gen yang stabil, dan menghasilkan dua jenis antara lain;

Folded Ear

Saat kucing ini beranjak dewasa bentuk telinganya biasanya akan berlipat kedepan ini disebabkan adanya hasil mutasi gen yang spontan.

Straight Ear

Jenis ini mempunyai telinga yang lurus atau normal seperti kucing lainnya dari itu namanya diambil yaitu Straight ear yang artinya telinga yang lurus.

4 Ciri Fisik kucing Scottish Fold

Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Kucing yang satu ini memiliki ciri fisik yang menonjol, yaitu memiliki beberapa ciri khusus dan sangat mudah dikenali. Antara lain:

Bentuk kepalanya Scottish Fold

Yang memiliki bentuk kepala yang bulat dan telinga yang berlipat ke bawah dan membuat kucing ini makin bunder yaa.. Cukup menarik kita lihat matanya yang terbuka lebar dan besar, serta memiliki variasi warna pada bola matanya seperti biru dan kuning keemasan.

Leher Scottish Fold

Kucing Scottish memiliki leher yang sangat pendek dan bentuk leher ini yang mendukung begitu menggemaskan kucing yang satu ini. Nah perlu kalian perhatikan jika kucing kalian memiliki leher yang panjang, berarti itu bukan jenis kucing Scottish Fold ya. hehe 

Bulu kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold ini memiliki bulu yang tidak lebat hanya cukup untuk menutupi tubuhnya, tapi ada juga yang memiliki bulu yang panjang

  • Warna pada bulu kucing scottish fold seperti :  
    • Hitam 
    • Putih
    • Coklat
    • Cameo
    • Krem
    • Biru
  • Untuk pola warna, bisa :
  • Tabby
  • Tricolor
  • Bicolor
  • Smoke
  • Shaded
  • Solod
  • Spots

Bentuk badan Scottish Fold

Bentuk badan umumnya untuk pejantan Scottish Fold beratnya 4-6 kg dan untuk betina beratnya 2.7-4 kg.

Sifat Kucing Scottish Fold

Kucing ini memiliki sifat yang ramah sekaligus tenang, dan tergolong dalam kucing yang cerdas. Namun kucing ini tidak suka dengan suasana sepi dan apabila kucing ini berada pada suasana sepi dia akan mengalami stress.

Isu Kesehatan Umum Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold sangat rentan terhadap penyakit ginjal Polikistik (pertumbuhan kista yang ada pada ginjal) dan Kardiomiopati (kelainan pada jantung).

4 Cara Merawat Kucing Scottish Fold

Tips Merawat Kucing Scottish Fold

Berilah makanan dan minuman yang sesuai

Berilah makanan dan minuman yang sesuai dengan usianya kucing Scottish fold dan ada juga banyak jenis makanan kecil untuk si anak kucing ataupun kucing dewasa karena kandungan yang dibutuhkan keduanya berbeda.

Melakukan grooming dan juga vaksin

Karena penampilan kucing ini sangat lucu dan menggemaskan harus seimbang dengan perawatan serta pemberian vaksin juga agar dia selalu sehat.

Harus memandikannya

Memandikan kucing ini tidak harus rutin minimal dua kali dalam seminggu, namun jika si kucing terlihat kotor banget anda cukup memandikannya satu kali dalam seminggu.

Berilah kasih sayang lebih

Memelihara seekor kucing bukan tentang memberinya makan dan minum saja tapi kamu harus memberinya kasih sayang lebih dengan cara memberikan waktu luang dan mengajaknya bermain.

Jenis kucing ini yang memiliki sifat penyayang dan tidak suka ditinggal sendirian maka dari itu jangan tinggalkan kucing anda sendirian ya, dan jangan lupa memberinya kasih sayang dan perhatian lebih.

Harga Kucing Scottish Fold

Harga kucing ini bisa dikatakan cukup mahal, rata-rata harga kucing ini dapat mencapai 3-6 juta rupiah untuk umur 3 bulan saja, namun untuk kucing yang dewasa umumnya bisa dibandrol sedikit lebih mahal yaitu, 6-9 juta rupiah.

Harga Kucing Scottish Fold

Karena keadaan kucing nya sendiri dapat mempengaruhi harga jika kesehatan dan penampilan semakin baik dan lucu maka harganya juga akan mengikuti.

Dalam mengadopsi kucing Scottish Fold ini membutuhkan sertifikat karena ada kondisi yang harus diperhatikan dari kucing jenis ini dan dapat dilihat dari adanya proses vaksinasi.

Dan berikut ini daftar harga Scottish Fold antara lain;

Jenis UsiaHarga
Scottish Fold Ukraine Asli1 Tahun 3 BulanRp25.000.000
Scottish Fold Kaskus Murah3 BulanRp2.500.000
Scottish Fold Asli Betina Shorthair Ped CFA3 BulanRp16.500.000
Scottish Fold Asli Kitten di Indonesia2 BulanRp7.500.000
Scottish Fold Asli2,5 BulanRp6.000.000
Scottish Fold Anakan2,5 BulanRp6.500.000
Scottish Fold Mix Exotic5 BulanRp2.500.000
Scottish Fold Jantan Non-Ped 20153 BulanRp8.000.000
Scottish Fold Dewasa PED CFA6 BulanRp13.000.000
Scottish Fold Kitten Shorthair Jantan Ped CFA3 BulanRp16.500.000

Kesimpulan

Harga-harga diatas sebaiknya menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk memelihara kucing Scottish Fold ini, selain harga, biaya cara perawatan nya juga dibilang cukup mahal.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *