Kenali Ciri Ciri Kucing Stress Teliti Lengkap Dan Tips Hindari Stress

Ternyata stres tidak hanya dialami oleh manusia loh, kucing juga mengalaminya. Karena kucing merupakan hewan yang rentan terkena stres, maka kucing stress akan menunjukkan beberapa perubahan perilaku secara umum seperti pola makan.

Hal ini sering luput dari pemilik kucing sehingga terkadang tidak memperhatikan kucingnya dengan baik, karena kucing yang stres secara terus menerus dapat menurunkan nafsu makan kucing hingga membuat daya tahan tubuhnya terganggu.

Ada beberapa penyebab yang bisa memicu kucing untuk menjadi stres, dari perubahan kecil terkadang juga dapat membuat kucing stress seperti memindahkan kotak pasirnya atau mengganti makanan favoritnya. Selain itu stres juga bisa disebabkan oleh kebosanan si kucing, atau karena si pemilik yang membiarkan kucing mereka yang hanya berada di dalam kandang tersebut.

Ciri-ciri Kucing Stres dari Gejala Fisik serta Perilakunya

Ketika anda menemukan beberapa gejala yang tidak biasanya diperlihatkan oleh kucing anda akhir-akhir ini, bisa jadi ada sesuatu yang sedang dialami oleh kucing.

Penyebab Kucing Stress

Hewan yang lucu serta menggemaskan ini memang memiliki sifat alami yaitu akan terlihat kuat, apalagi jika di alam liar kucing tidak akan memperlihatkan lemahnya. Karena jika terlihat lemah kucing akan menjadi mangsa utama si predator lainnya.

Baca Juga : Harga Makanan Kucing Lengkap Semua Merk Terbaru

Maka dari itu kucing dikenal sangat pandai menyembunyikan sesuatu yang sedang dialaminya, seperti stres contohnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kucing stress yang bisa kamu pahami, yaitu;

4 Tanda Kucing Stress Dilihat Dari Fisik

Ada 4 ciri ciri kucing stress yang bisa dilihat dari fisiknya seperti kebotakan, mata berair maupun hidung berair. Kucing yang mengalami kegemukkan secara singkat juga dapat memicu stress bagi hewan seperti manusia.

1. Diare, sembelit, atau masalah pencernaan lainnya

Banyak faktor yang membuat kucing stres, selain itu faktor makanan yang menyebabkan kucing diare. Tapi tidak hanya itu kucing yang mengalami stres juga kemungkinan besar ada gejala lain di sistem pencernaannya.

Maka dari itu kucing yang sedang mengalami stres akan membuatnya rentan terhadap penyakit, karena stres pada kucing akan berpengaruh besar terhadap kesehatannya. 

Masalah pencernaan juga terjadi karena ada benda asing yang dimakan oleh kucing yang tidak dapat dicerna, atau ketika kucing memakan makanan yang tak seharusnya dimakan oleh kucing.

Kucing Kegemukkan

Jika kucing kamu mengalaminya segera mungkin kamu mengunjungi dokter hewan, agar kamu mengetahuinya penyebab dan solusi dari masalah tersebut.

2. Kebotakan

Kebotakan yang cukup besar pada kulit biasanya disebabkan karena melakukan perawatan secara berlebihan, karena kucing yang stres akan cenderung melakukan grooming berlebihan.

3. Hidung dan mata berair

Kucing yang mengalami stres dapat menyebabkan kucing tersebut mudah terserang penyakit, seperti flu.

Akibatnya hidung dan mata akan terlihat berair dan hal itu akan menyebabkan gerakannya sangat terbatas serta mudah lesu lalu bosan.

4. Berat badan 

Ini menjadi ciri utama pada kucing yang sedang mengalami stres, yaitu ada masalah di berat badannya seperti halnya manusia manusia yang mengalami stres akan terjadi penurunan berat badan secara tiba-tiba. 

5 Tanda Kucing Stres dilihat dari perilakunya

Anda juga bisa melihat prilaku dari kucing stress seperti tidak responsif maupun grooming yang berlebih. Dengan adanya tanda tersebut anda akan mampu menyikapi bahwa kucing sedang stress atau tidak.

Kucing Menggaruk Badan

1. Kencing sembarangan

Kucing yang stres akan sering menyemprotkan urin pada barang-barang lain disekitar rumah, untuk itu kamu harus konsultasikan dengan dokter hewan agar mengetahui penyebabnya.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Dengan Mudah

2. Tidak responsif

Jika kucing kamu tidak melompat atau kaget dengan suara keras serta gerakan cepat berarti kucing kamu sedang mengalami stres, karena kucing yang stres tidak responsif terhadap hal-hal yang terjadi disekitarnya.

3. Grooming berlebihan

Kucing dikenal dengan grooming alami yang dilakukan seperti menjilati badannya, tapi jika stres kucing akan melakukannya secara berlebihan bahkan hingga botak.

Dan biasanya kucing melakukan hal itu jika ia terserang kutu atau penyakit kulit lainnya, maka periksalah bulu kucing kamu apakah ada induksi kutu atau penyakit kulit lainnya dan jika tidak ada berarti kucing kamu sedang stres.

4. Menggaruk dan mencakar berlebihan

Menggaruk berlebihan dapat menjadi indikasi beberapa masalah kesehatan dan perilaku yang mengindikasikan stres pada kucing, dan jika kucing mencakar barang-barang rumah kamu lebih sering kamu perlu memperhatikan nya bahwa dia sedang stres.

5. Mengisolasi diri

Walaupun kesendirian adalah sifat alami kucing semua kucing, tapi jika kucing kamu lebih sering menyendiri dapat diindikasikan bahwa kucing kamu sedang mengalami stres.

6 Penyebab Kucing Stres

Kucing Setelah Melahirkan

Kucing adalah hewan yang tidak bisa menerima perubahan lingkungan ataupun makanan secara cepat dan bahkan di dalam beberapa kasus yang sering terjadi tanpa disadari dalam perubahan kecil tersebut akan menyebabkan kucing mengalami stress. 

Apalagi di dalam perubahan besar seperti memindahkan, membawa kucing atau peliharaan baru, dapat menjadi faktor internal kenapa kucing kamu  menjadi stress. Berikut dibawah ini adalah faktor-faktor penyebab stres, mari simak penjelasan ini:

1. Bepergian

Kucing adalah hewan yang termasuk kedalam kelompok yang sulit beradaptasi, karena kucing adalah termasuk hewan yangs etia terhadap pemiliknya serta lingkungannya. Jadi disarankan untuk kamu jika tidak terbiasa membawa kucing kamu bepergian, maka itu akan menyebabkan kucing kamu menjadi stres.

2. Terdapat kucing baru dirumah

Karena kucing memiliki sifat manja terlalu berlebihan sehingga jika kamu membawa kucing peliharaan baru, jelas perhatian kamu akan sedikit mengarah kesana. Disaat inilah yang membuat kucing lama kamu akan merasa stress karena terabaikan.

3. Kebiasaan yang berubah

Ini yang sering terjadi seperti kebiasaan kecil yaitu berubahnya jam makan, makanan kucing yang berubah atau bahkan jam kuras kotoran yang berubah bisa menyebabkan kucing kamu stres.

4. kunjungan tamu

Biasanya tamu yang datang ke rumah kamu juga bisa mengakibatkan kucing kamu stres, karena tamu tersebut pasti akan mengusik ketenangan kucing kamu apalagi jika kucing kamu terlihat menggemaskan. Maka dari itu demi kesehatan dan kebaikan kucing kamu, sebaiknya kamu memperingati tamu tersebut ya.

5. Baru Melahirkan

Kucing yang baru melahirkan akan berpotensi besar mengalami stres, apalagi jika mereka merasa anaknya yang sakit, atau tempat yang mereka tempati kurang nyaman. Maka untuk itu kamu harus memberikan tempat yang paling nyaman.

6. Birahi

kucing yang mengalami siklus ini sering kali mengalami stres, karena ini akan terjadi jika mereka masuk dalam siklus ini tapi tidak memiliki pasangan. Perilakunya akan sangat gelisah dan seperti bingung, hampir sama seperti manusia.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stress

Berikan kucing kamu tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan seperti kehadiran hewan lain atau tempat yang ramai, berikan perhatian lebih pada kucing kamu serta perhatikan perubahan nafsu makannya dan berikan makanan yang kucing kamu menyukainya.

Dan apabila nafsu makannya hilang, coba untuk mengganti makanan lain yang lebih beragam dan menarik. Kemudian kamu harus mencari tahu penyebab stres pada kucing kamu dan jauhkan dia dari penyebab stres tersebut.

Kesimpulan

Beberapa ciri-ciri diatas tentang kucing yang sedang mengalami stres serta cara mengatasinya, kamu dapat mengecek keadaan kucing kamu dengan rajin serta kamu dapat menghindari hal-hal yang membuat kucing kamu stres.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *