Alasan Kucing Tidak Mau Makan Dan Cara Membujuknya

Jika kita memelihara kucing biasanya kita menginginkan bahwa kucing yang kita pelihara menjadi kucing yang gemuk, lucu, dan menggemaskan. Nah bila kucing tidak mau makan, itu salah satu tanda bahwa kucing sedang terkena beberapa masalah. Anda bisa mempelajarinya di dalam artikel ini dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Kucing sangat berbeda dengan hewan lain jika satu hari saja tidak makan maka mereka akan langsung terserang penyakit.

Karena jika kucing tidak makan satu hari saja, organ hatinya bisa rusak layaknya fungsi hati bagi manusia dan pada akhirnya kucing akan mati.

Jika hal itu tidak ingin terjadi pada kucing anda, maka dari itu anda harus mengenali penyebab-penyebab kenapa kucing tidak mau makan.

Kucing Tidak Mau Makan, Apa Penyebabnya ??

Banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum mengadopsi kucing, mulai dari segi kesehatan, kebersihan, dan yang paling penting adalah makannya. Karena makanan menjadi aspek yang paling penting bagi perkembangan dan pertumbuhan si kucing. Berikut adalah penyebab-penyebab yang sering dialami ketika kucing tidak mau makan, yaitu;

Bosan dengan jenis makan yang diberikan

Ada dua jenis makanan yang bisa diberikan untuk kucing anda, yaitu makanan kering (dry food) dan makanan basah (wet food). Dan sebaiknya anda memberikan makanan yang cukup beragam dengan cara mencampurkannya.

Sebaiknya jangan panik dulu ketika kucing yang anda pelihara menunjukkan ciri-ciri tidak nafsu makan, cobalah anda mengganti merk makannya atau bisa mencampurkan nya.

Mungkin sedang sakit

Biasanya kucing terserang penyakit mulut seperti sariawan jika terdapat bau yang kurang sedap pada hewan kesayangan. Dibandingkan biasanya pada mulut kucing coba anda periksa apakah ada luka di mulut kucing anda.

Alasan kucing tidak mau makan mungkin karena sakit

Selain itu, kadang ada masalah pencernaan pada kucing biasa disebabkan karena adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh kucing.

Karena adanya sebuah benda asing dapat menyebabkan radang pada sistem pencernaanya atau bisa disebabkan karena parasit.

Kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan, muntah atau lemas.

Stress

Pada umumnya ada 2 faktor yang membuat kucing anda stress yaitu, lingkungan dan tekanan.

Baca Juga : Tips Mudah Untuk Mengobati Kucing Flu, Penasaran?

Jika lingkungan biasanya buat kucing yang baru saja diadopsi yang belum bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Birahi

Jika si kucing dalam masa birahi atau masa kawin pada umumnya sangat tertekan serta menjadi faktor utama dalam menurunnya nafsu makan.

5 Tips Mudah Jika Kucing Tidak Mau Makan, Anda Bisa Lakukan Dirumah

Kucing Sedang makan

Bagi para pecinta kucing mungkin akan merasakan galau kalau kucing peliharaan kalian tidak mau makan, iya kan? Jangan khawatir, ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Antara lain;

Berikan variasi makanan

Mungkin saja kucing anda merasa bosan dengan makanan yang itu-itu aja sehingga kucing merasa tidak adanya minat untuk makan.

Maka dari itu anda bisa mengganti makanannya yang beragam atau mencampurkan makanan dari berbagai rasa.

Menyuapi kucing anda

Sebelum menyuapinya anda harus memancing nya terlebih dahulu dengan cara menyodorkan makanan di dekat hidung.

Anda juga bisa mengoleskan makanan basah tersebut kepada kucing agar minat untuk makan kembali muncul

Baca Juga : 8 Tips Untuk Mengetahui Usia Kucing Kesayangan

Ketika kucing anda terlihat lemas dan tidak mau makan cobalah untuk menyuapinya bisa menggunakan sendok kecil atau syringe (suntikan tanpa jarum) tentu saja makan yang harus diberikan makanan basah ya.

Obati penyakit mulut

Sebelum memberikan obat, anda harus memeriksanya terlebih dahulu apakah ada yang luka di mulut si kucing tersebut dan jika ada atau berbau tidak sedap seperti biasanya.

Maka kalian bisa menggunakan obat manusia yang untuk mengobati kucing tersebut.

Akan tetapi bilaanda merasa ragu maka lebih baik bawalah ke dokter hewan ya.

Berikan vitamin

Memberikan vitamin sangatlah penting selain untuk memaksimalkan daya tahan tubuhnya serta untuk menambah nafsu makannya. Namun bermanfaat juga untuk mencegah virus herpes maupun flu pada kucing.

Vitamin yang diberikan biasanya yang dalamnya mengandung vit B kompleks serta Iysin (asam amino lisin) bisa juga didapatkan di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin, atau Becombion.

Ajak bermain

Jika kucing tidak mau makan, ajaklah kucing bermain

Jangan biarkan kucing anda merasakan stress, karena itu sangat berpengaruh dalam nafsu makannya. Sehingga kalian harus mengajaknya bermain bersama karena hal tersebut juga akan mempengaruhi nafsu makanya juga.

Kesimpulan

Karena hewan ini sangat berbeda dengan hewan lainnya, jika satu hari saja tidak makan maka mereka akan langsung terserang penyakit. Jadi sebelum memutuskan untuk memeliharanya anda harus banyak mempertimbangkan segalanya seperti kesehatan maupun makanannya.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *