Tips Membuat Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Jenis kucing ini adalah jenis yang paling banyak kamu temukan pada area sekitar rumah, bahkan hampir setiap hari melihatnya.  Akan tetapi bagaimana makanan kucing kampung agar cepat gemuk yang bagus?

Berbeda dengan jenis ras lainnya, karena kucing kampung ini pada Indonesia sendiri populasinya sangat banyak yang membuat kamu mudah mendapatkannya dan gratis.

Kucing kampung tidak kalah menarik dengan kucing ras lainnya, apalagi jika kamu memeliharanya dengan baik dan memperhatikan asupan gizinya.

Gizi yang seimbang pada kucing kampung akan membuat kesehatannya tetap terjaga, sehingga kucing kampung yang sehat akan membuat kualitas bulunya menjadi indah.

Mengadopsi kucing kampung agar terlihat menggemaskan, pasti akan membuatnya gemuk? Apalagi kucing jenis ini lebih mudah beradaptasi dan menerima segala jenis makanan.

Kucing kampung yang gemuk dengan perawatan yang cukup dan kesehatan terjaga akan membuatnya menjadi primadona, sehingga bisa mengalahkan kucing ras lainnya.

Perawatan yang kamu berikan dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan tubuh yang sehat, gemuk, aktif dan menggemaskan.

Berikut ini jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa membuatnya gemuk, simak penjelasan ini!

Jenis Makanan Terbaik Untuk Kucing Kampung

Makanan adalah faktor utama yang membuatnya gemuk, maka hal pertama yang harus kamu lakukan memperhatikan makanannya.

Perhatikan makanannya bertujuan agar kebutuhan gizinya tercukupi pada setiap harinya, selain makanan kamu juga bisa memberikan vitamin tambahan.

Vitamin yang kamu berikan bertujuan untuk memenuhi asupan nutrisinya dan juga menjaga kesehatannya, karena kucing yang gemuk harus tetap terjaga dalam kesehatanya.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa membuatnya gemuk, yaitu:

Daging (Ayam, Ikan dan Sapi)

Daging adalah salah satu makanan favorit untuk semua jenis kucing, karena dengan kamu memberikan daging ayam ataupun sapi akan membuatnya semakin aktif dan sehat.

Memberikan daging ikan, ayam dan sapi bisa kamu berikan untuk menjaga kesehatan dan asupan nutrisinya kucing kampung tersebut.

Dengan memberikan asupan nutrisi makanan kucing kampung agar cepat gemuk tentu dapat memaksimalkan gizi kucing tersebut.

Cara mengolahnya harus kamu perhatikan, karena memberikan makanan jenis ini harus melewati proses pematangan dengan baik.

Proses pematangan akan membunuh mikroorganisme yang menempel pada semua makanan jenis ini, maka kamu bisa merebusnya terlebih dahulu.

makanan kucing kampung agar cepat gemuk
makanan kucing kampung agar cepat gemuk

Merebusnya dalam proses pematangan bisa menjaga nutrisi yang ada pada daging tersebut, setelah itu kamu bisa menghaluskannya seperti bubur.

Ikan mengandung protein dan asam amino, karena kandungan tersebut sangat baik untuk pertumbuhannya serta perkembangannya.

Baca Juga : Kucing Persia Medium, Ketahui Cara Merawat Beserta Harganya

Memberikannya jangan terlalu banyak, karena jika memberikannya terlalu banyak akan membuat si kucing kekurangan vitamin E. 

Berikan 2 x dalam seminggu yang bertujuan agar keseimbangan gizi nya terjaga, sebelum memberikannya kamu harus menghilangkan duri-durinya terlebih dahulu.

Nasi

Nasi adalah makanan pokok manusia tapi kamu bisa memberikannya pada kucing, karena kandungan yang nasi miliki cukup baik jika si kucing mengkonsumsinya.

Memberikan nasi kepada kucing kampung agar cepat gemuk

Memberikan nasi pada kucing yang harus kamu perhatikan dan jangan berlebihan, karena nasi mengandung Glukosa.

Glukosa pada nasi yang terlalu banyak tidak baik untuk berat badan si kucing, karena bisa menyebabkan kucing kampung ini kegemukan atau obesitas.

Cara memberikan nasi bisa mencampurkannya dengan daging ikan, ayam atau sapi yang sudah matang dalam porsi 25% nasi dan 75%.

Tempe

Tempe adalah makanan yang cukup bagus untuk membuat kucing kampung gemuk dan sehat, karena mengandung protein yang tinggi.

Tempe sebagai asupan gizi untuk kucing

Cara memberikannya juga sama seperti nasi harus melalui proses pematangan dengan cara merebusnya, lalu kamu bisa mencampurkannya dengan lauk utama.

Berikan dalam 1x porsi makannya jika tidak langsung habis jangan kamu berikan lagi, maka dari itu sebelum memberikannya harus menyesuaikan dengan porsi sekali makan.

Makanan Khusus Untuk Kucing

Memberikan makanan khusus kucing bisa kamu berikan pada kucing kampung, tapi kamu harus memperhatikan kecocokan dalam makanan dan seberapa mudah dalam mencarinya tersebut.

Berikut ini jenis-jenis makanan kucing yang bisa kamu berikan pada kucing kampung, dalam memberikannya juga harus beragam agar mencegah kebosanan yaitu:

Felibite Dry Food

Merk Felibite adalah merk makanan yang banyak peminatnya, karena memiliki harga bersahabat dengan kantong dan terbuat dari bahan dasar ikan tuna.

Felibite Dry Food

Aroma serta rasa yang membuat si kucing terasa enak pada mulutnya, karena tidak memiliki bau amis dan memiliki bentuk yang menarik.

Kelebihan 

  • Tidak memiliki aroma yang berbau amis.
  • Kualitas rasa si kucing sangat menyukainya.
  • Harga yang cukup terjangkau tidak mencapai lima puluh ribu.
  • Memiliki kandungan omega oil, multivitamin, protein baik dan juga taurin.
  • Masuk kedalam salah satu jenis makanan kucing yang sangat murah, serta recommended.

Kekurangan 

  • Makanan yang mengandung gandum dan jagung, membuatnya kurang baik untuk sistem pencernaannya.

Me-O Cat Food

Makanan merk Meo ini adalah salah satu makan kucing yang berasal dari Thailand, tapi memiliki harga yang cukup murah.

Me-O Cat Food

Pada Indonesia sendiri sudah terdapat berbagai varian rasa mulai rasa sapi, rasa ayam, rasa ikan buntal, rasa tuna, serta sayuran.

Baca Juga : Cara Terbaik Cara Membantu Kucing Melahirkan Agar Selamat Dan Sehat

Kandungan berkualitas baik yaitu vitamin C, vitamin, D, omega 3 & 6, fosfor, dan kalsium yang membuat kucing kamu menjadi lebih sehat.

Kelebihan 

  • Memiliki kandungan vitamin C, D, dan omega 3 & 6.
  • Terdapat kandungan kalsium yang bagus untuk tulang kucing, serta bisa mencukupi kebutuhan DHA nya.
  • Sudah memiliki banyak varian rasa seperti tuna, ikan buntal, ayam, sapi, dan sayuran yang terbuat dari bahan mudah dalam mencernanya.
  • Harganya juga sangat terjangkau, serta tersedia pada toko online sekaligus.

Kekurangan 

  • Tidak menyarankan untuk kucing yang memiliki alergi, terhadap lemak.

Maxi Premium Cat Food

Makanan merk Maxi Premium ini adalah makanan yang berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang tidak keras, sehingga memudahkan anak kucing dalam mengkonsumsinya.

Maxi Premium Cat Food makanan kucing kampung agar cepat gemuk

Proses mencernanya juga sangat mudah serta bisa membuat nafsu makannya meningkat dan mengandung kalsium, l-lysine, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, serta omega 3&6.

Kelebihan 

  • Mengandung ekstrak Yucca Schidigera, sehingga bisa mengurangi bau tidak sedap dari kotorannya.
  • Memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan seperti vitamin A E C D3, omega 3 dan 6, l-lysine, serta kalsium.
  • Teksturnya juga lembut yang membuat aman pada sistem pencernaan dan memiliki varian rasa tuna dan rasa ayam.
  • Bisa kamu gunakan untuk meningkatkan nafsu makannya.

Kekurangan 

  • Jangan memberikan kepada kucing yang memiliki alergi terhadap ikan tuna.

Susu Kucing dan Air Putih

Susu mengandung kalsium dan protein yang sangat baik dan berperan penting dalam pertumbuhan serta kesehatannya.

Susu Minuman kucing kampung agar cepat gemuk

Menambahkan susu ke menu makanannya bisa kamu lakukan, namun harus hati-hati dalam memilih susu.

Jangan memberikan susu sapi, karena mengandung laktosa yang membuat si kucing tidak bisa mencernanya.

Berikan susu khusus kucing yang kamu bisa dapatkan pada petshop terdekat, selain itu kamu juga harus selalu menyediakan air putih pada kandangnya.

Kuning Telur

Kuning telur adalah jenis makanan yang memiliki kandungan cukup baik untuk membuat si kucing menjadi gemuk, karena mengandung banyak nutrisi.

Kuning telur makanan kucing kampung agar cepat gemuk

Nutrisi yang penting untuk kebutuhan tubuhnya seperti vitamin D, vitamin B12, serta zat besi.

Kecukupan gizi bukan dari seberapa kenyang nya atau seberapa banyaknya kucing makan, tapi dari asupan makanan lainnya dan kamu bisa memberikan kuning telur.

Memberikan kuning telur dalam proses penggemukan yang sehat penting, tapi tapi jangan sesekali memberikan kuning telur secara berlebihan. 

Penggunaannya kuning telur secara berlebihan itu akan membuat si kucing mengalami muntah-muntah, bukan malah semakin gemuk.

Kesimpulan

Memberikan makanan ataupun minuman yang tepat serta memperhatikan asupan nutrisinya, sehingga akan membuat kucing kampung gemuk dan semakin sehat.

Makanan dan Vitamin sudah kamu berikan, lalu kamu harus memperhatikan lingkungannya, karena akan mempengaruhi segalanya termasuk gemuknya si kucing.

Kuning telur yang kamu berikan secara teratur bisa mempercepat proses penggemukan, selain itu juga menjaga kesehatan pada bulunya dan melebatkannya.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *