Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Sebagai pemiliknya, anda harus tahu bagaimana cara memberi makanan untuk anak kucing karena pemberian makan setiap usia itu berbeda loh. Makanan yang harus diberikan pada anak kucing biasanya pada minggu pertama masa hidupnya anak kucing hanya mengkonsumsi susu dari induknya.

Setelah berumur beberapa minggu, sangat untuk anda memperkenalkan makanan khusus anak kucing yang mengandung nutrisi yang baik. Guna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan di beberapa bulan pertamanya.

Bagi anda yang belum tahu makanan khusus untuk anak kucing, mulai dari minggu ke minggu karena setiap usia hewan berbeda cara memberian makannya. Sebelum memberi makan anda harus tahu juga cara memperlakukan untuk anak kucing dari minggu ke minggu ya,

Minggu Pertama Hingga Ke Empat Yang Harus Di Pelajari Untuk Anak Kucing

Ada banyak hal khusus yang harus dipertimbangkan jika anda memelihara anak kucing yang tanpa induk memang sulit.

karena itu anda mempertimbangkan dan mempersiapkan dengan matang anda akan merasa tenang dan nyaman saat pemberian makan tersebut.

Akan tetapi jika anak kucing anda memiliki induk, anda cukup mengawasinya ya dan ketika sudah berumur 1 bulan peran anda dimulai karena sangat penting dalam memperkenalkan makanan khusus hewan tersebut.

Ada beberapa perlakuan yang harus anda perhatikan dalam merawat anak kucing baru lahir, yaitu;

Minggu pertama

Anak hewan kesayangan ini dalam keadaan tuli dan buta pada usia 1 minggu, jadi induk kucing memiliki peranan yang sangat penting dalam pemberian makan yang berupa air susu.

Tugas untuk anda sebagai pemiliknya bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga anak kucing anda merasa lebih aman dan nyaman, yaitu :

Ketika Kucing Baru Lahir

Untuk anak kucing yang baru lahir biasanya tidak kuat untuk menahan udara dingin atau panas.

Tiga anak kucing bermain

Maka wajib untuk anda menempatkan anak kucing pada ruangan yang hangat. Tentunya kamu bisa menambahkan bohlam lampu untuk menjaga suhu tubuh anak kucing tetap hangat.

Minum Susu Induk

Ketika baru lahir makanan paling penting untuk anak kucing adalah air susu kolostrum.

Air susu kolostrum berasal dari induknya saat 2 hari setelah melahirkan, air susu sebagai minuman terbaik untuk kucing ini sangat penting untuk anak kucing karena banyak mengandung nutrisi. Bagian nutrisi yang penting yaitu antibodi,protein, dan vitamin.

Tips Jika Induk Tidak Bisa Memberikan Susu

Jika induk kucing tidak bisa memberikan susu pada anaknya anda bisa mengganti induknya atau mencari induk lainnya yang sedang menyusui.

Jika tidak memungkinkan anda bisa memberikan susu rendah laktosa pada anak kucing anda.

Berapa Banyak Susu Yang Harus Di Konsumsi Kucing ?

Kadang ada suatu masalah ketika tidak memiliki induk atau si induk yang tidak bisa memberikan susu kepada anaknya. Anda cukup memberikan susu sekitar 2 – 4 ml sebanyak 7 kali dalam sehari.

Minggu kedua

Indera penglihatan dan pendengaran anak kucing mulai terbuka pada minggu kedua. Anda wajib perhatikan untuk selalu membersihkan area sekitar matanya cukup menggunakan kain lembut yang telah di basahi dengan air hangat.

Anak Kucing Sendirian

Pada usia 2 minggu untuk anak kucing yang tidak disusui oleh induknya, anda bisa memberikan susu kucing pada anak kucing tersebut sekitar 5 – 10 ml sebanyak 6 kali dalam sehari.

Minggu ketiga

Pada usia minggu ketiga ini perkembangan kucing sudah mulai terlihat dengan tumbuhnya gigi dan anak kucing sudah mulai menjilat.

Karena itu anak kucing sudah mulai aktif dan membutuhkan nutrisi tambahan karena air susu induknya mulai berkurang baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Jika hal tersebut terjadi, segera untuk membeli susu khusus untuk kucing agar memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tumbuh dengan baik.

Pada usia minggu ketiga untuk anak kucing yang tidak disusui oleh induknya bisa memberikan susu kucing sekitar 10 -15 ml sebanyak 5 kali dalam sehari.

Minggu keempat

Anak kucing sudah mulai untuk mencoba memakan makanan yang biasanya dimakan oleh induknya pada usia minggu keempat ini.

Anda juga bisa mencoba memberikan makan basah dan memberikan susu dalam mangkuk agar anak kucing semakin berkembang.

Dalam pemberian susu untuk ukuran anak kucing pada usia ini anda bisa memberikannya sebanyak 5 kali dan berikan 15 ml.

Tips Mudah Memberikan Makanan Pada Anak Kucing

Untuk anak kucing yang berusia 1 bulan mungkin sudah mencoba makanan yang dimakan sang induk. Anda cukup memberikan makan basah secara perlahan. Karena pada umur satu bulan anak kucing sudah mulai aktif bermain jadi memerlukan nutrisi tambahan selain air susu.

Baca Juga : Alasan Kucing Tidak Mau Makan Dan Cara Membujuknya

Dalam pemberian makan berikan secara bertahap dan perlahan, karena ketika memberi makan dengan cara mendadak dengan porsi tidak sesuai umur akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan nya.

Maka, anda harus menyesuaikan dengan umur dan porsi nya serta waktu pemberian makannya.

Cara Merawat Kucing Tanpa Induk atau Induk yang Tidak Bisa Memberikan Asi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat untuk kebutuhan dalam pemberian susu pada kucing yang tidak memiliki induk atau induk yang tidak bisa memberikan susu, yaitu :

Menyiapkan peralatan

Usahakan dalam memberikan susu pada anak kucing anda harus menggunakan botol susu khusus anak hewan.

Tujuan menggunakan botol khusus anak kucing adalah untuk memudahkan dalam minum karena telah di desain khusus untuk hewan kesayangan ini.

Jika mencari botol kucing ternyata susah, anda juga bisa menggunakan alat suntik maupun pipet. Akan tetapi hal ini cukup beresiko karena bisa saja tersendak, maka dari itu anda harus berhati-hati.

Memberikan susu

Untuk susu kucing anda bisa membelinya dalam bentuk cair maupun bubuk dan banyak tersedia di petshop terdekat.

Memberikan Susu Kucing

Ketika memberikan susu pada anak kucing pastikan anda harus selalu mengikuti petunjuk penggunaan dalam takaran yang disarankan pada kemasan susu tersebut.

Pastikan saat membuat susu tersebut anda harus secara dadakan setiap akan diberikan kepada anak kucing, posisi dalam memberikan susu pada anak kucing juga harus diperhatikan. Maka tempatkan kucing pada pangkuan anda dengan dialasi kain yang lembut.

Baca Juga : 8 Tips Untuk Mengetahui Usia Kucing Kesayangan

Lalu tetes kan susu yang menggunakan botol susu atau pipet maupun suntikan yang tanpa jarum secara perlahan dan harus ekstra hati-hati ya.

Dan ini takaran susu yang disarankan untuk anak kucing yang tanpa induk, yaitu;

  • Umur 1 – 3 hari : 2,5 ml setiap 2 jam
  • Umur 4 – 7 hari : 5 ml sebanyak 10 ml setiap kali dalam sehari
  • Umur 6 – 10 hari : 5-7,5 sebanyak 10 kali dalam sehari
  • Umur 11 – 14 hari : 10-12,5 ml setiap 3 jam
  • Umur 15 – 21 hari : 10 ml sebanyak 8 kali dalam sehari
  • Umur 12 dan selanjutnya : 7,5-15 ml, 3-4 kali dalam sehari dan mulai didampingi makanan padat.

Kesimpulan

Peranan sang induk memang sangat penting bagi kucing yang baru lahir. Tetapi apabila kucing anda tidak memiliki induk, maka anda harus memberikan perhatian yang lebih serta dalam perawatan nya harus ekstra hati-hati. Dan anda selalu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangannya.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *