Apa Saja Penyebab Mata Kucing BerAir ? Dan Cara Mengobatinya

Kamu sebagai pemiliknya harus mengetahui ketika mata kucing berair terjadi pada kucing kamu. Biasanya itu sebagai bentuk responsif diri secara alami atau bentuk perlawanan dari tubuh kucing yang sedang mengalami gangguan maupun ancaman.

Karena tidak hanya manusia saja, ternyata mata kucing juga bisa berair. Jika kucing mengalami hal tersebut maka matanya akan terlihat berair, belekan, mata merah, bengkak dan lainnya.

Serta penyakit mata yang menyerangnya bisa juga disebabkan oleh virus. Meski terkadang salah satunya adalah kelainan bawaan maka hal tersebut akan menyebabkan mata kucing mengeluarkan air .

11 Penyebab Mata Kucing Berair

Maka dari itu kamu harus selalu memastikan bahwa kucing tersebut tetap sehat. Karena tidak dapat dipungkiri jika pada suatu saat terdapat beberapa penyakit yang menyerangnya. Yang lebih parah lagi ada beberapa penyakit bisa menularkan kepada manusia. 

Perlu kamu ketahui penyakit yang satu ini bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Akan tetapi ini juga bisa juga disebabkan oleh beberapa hal yang bisa membuat mata hewan menggemaskan ini terluka.

Hal ini lebih jelasnya ada beberapa penyebab yang membuat mata kucing berair. Sebagai pemiliknya hewan kesayangan seperti kucing ini, kamu harus mengerti akan beberapa penyakit di antara lain ;

Produksi air mata yang berlebihan

Hal ini bisa saja disebabkan, karena mata kucing tengah beradaptasi dengan adanya bulu yang terdapat pada area matanya. Sehingga membuat produksi air mata tersebut yang secara berlebihan pada kucing. Dan dalam hal ini tidak perlu kamu khawatirkan, karena ini suatu cara untuk kucing mengatasinya.

Mata terluka disebabkan tergores

Salah satu penyebab kucing terluka dan menyebabkan mata kucing berair adalah mengalami tergore benda tumpul ataupun tajam. Hal ini menyebabkan kucing mengalami luka bagian mata dan juga bisa jadi karena luka tidak kunjung sembuh.

Hal tersebut dikarenakan terjadinya peradangan pada konjung vita. Dampak tersebut menyebabkan kucing merasa perih atau pun panas yang akan membuat si kucing mengeluarkan air mata secara berlebihan.  

Jika penyakit ini dibiarkan bisa menyebabkan kebutaan pada mata si kucing, dan bakteri tersebut bernama Feline Chlamydophila. 

Cacing mata

Mata Kucing

Penyebab yang satu ini disebabkan oleh adanya cacing mata yang membuat si kucing mengeluarkan air mata secara terus-menerus. Karena adanya cacing yang bernama Thelazia Californiensis ini menyerang matanya.

Baca Juga : 5 Cara Grooming Kucing Yang Bisa Dilakukan Sendiri

Jika kamu membiarkannya terlalu lama penyakit tersebut. Cacing tersebut akan bereproduksi dengan cepat dan menghasilkan telur cukup banyak serta akan berubah menjadi larva yang bisa dimakan oleh lalat.

Nasolacrimal Occlusion

Penyakit Nasolacrimal Occlusion salah satu gangguan yang terjadi di organ mata kucing yang menyebabkan mata kucing mengeluarkan air.

Karena penyakit tersebut, di dalam organ mata hewan, terdapat organ lain yang dapat mengatur bagian keluarnya air mata.

Apabila organ tersebut telah terjadi gangguan, dampaknya adalah menyebabkan air mata yang keluar terus menerus

Radang paru pada kucing

Radang ini dikarenakan adanya virus, dan virus ini bernama Chlamydia Psittaci yang bisa menular pada kucing lain. Maka dari itu jika kucing menderita radang yang satu ini yang membuat kucing mengalami terus menerus bersin, pilek serta akan kesulitan bernafas.

Karena radang paru membuat si kucing mengeluarkan air mata dengan kadar yang sangat banyak.

Bila kamu memiliki kucing lebih dari satu dan apabila ada kucing yang terserang virus ini maka pisahkan dari kucing yang lain dan segera bawa ke dokter hewan.

Terkena virus herpes

Virus yang satu ini akan menyebabkan mata kucing bengkak, berair, kemerahan serta akan terus menerus mengeluarkan air. Apalagi jika kucing kamu sedang mengalami stress itu akan mempermudah virus ini menyerang serta menyebar ke seluruh tubuh kucing.

Penyebabnya yang bisa dilihat adalah jika kucing tidak ingin atau cendrung menghindari sinar matahari.

Meski terkadang virus tersebut pada satu mata saja, tapi dalam akan tetapi jangan dianggap remeh, harus di waspadai.

Hal wajib harus kamu lakukan adalah selalu membersihkan air mata tersebut, namun jangan terlalu kering karena mata kucing membutuhkan kelembaban.

Painful eyes

Kucing yang menderita painful eyes ini akan menghindari sinar matahari atau pun cahaya, maka yang menderita ini perilakunya akan berubah.

Dimana si kucing akan sering terlihat menggosokan mata tersebut atau bahkan mereka akan mencakarnya, sehingga pada mata si kucing akan muncul nictitating membrane atau kelopak mata ke-3 pada bagian dalam sudut matanya.

Penyebab utama dari painful eyes ini menyebabkan penyakit Glaukoma ataupun Uveitis yang akan menyebabkan mata si kucing mengeluarkan air secara berlebihan.

Faktor cuaca atau pun suhu dingin

Kucing Kedinginan

Faktor cuaca juga akan mempengaruhi keluarnya air mata pada kucing, karena jika si kucing berada pada ruangan yang dingin atau sedang memasuki cuaca dingin mata si kucing akan berair.

Yang harus kamu ketahui kucing adalah salah satu hewan yang sangat menyukai kehangatan, maka dari itu jika rumah kamu menggunakan AC ini akan menjadi salah satu penyebab yang membuat matanya berair.

Baca Juga : Karakteristik Kucing Himalaya, Harga Dan Tips Merawat

Terkena cairan kimia

Seperti halnya yang terjadi pada manusia manusia, jika mata si kucing terkena cairan kimia meskipun sedikit. Tapi hal tersebut akan membuat mata si kucing berair, serta matanya juga akan memerah yang menyebabkan cedera.

Kimia penyebab mata kucing berair

Kucing yang terkena cairan kimia akan refleks mengeong dan menggosok-gosokkan matanya, maka dari itu cara mengatasinya kamu harus cepat membersihkan matanya dengan air yang mengalir.

Kelainan bawaan

Ini juga akan menjadi salah satu penyebabnya jika si kucing memiliki penyakit bawaan, maka tidak banyak hal yang bisa kamu lakukan.

Jika karena kelainan bawaan juga dapat menjadi salah satu mata kucing berair lebih baik jika kamu konsultasi kepada dokter hewan.

Pertumbuhan rambut mata yang tidak normal

Mata kucing mengeluarkan air terus-menerus juga bisa disebabkan, karena terdapat pada kucing yang dimana mengalami kelainan pada pertumbuhan bulu khususnya di bagian matanya.

Bulu tersebut akan tumbuh secara melengkung yang akan masuk kedalam area mata yang membuat kucing mengeluarkan air mata.

Cara Mengobati Mata Kucing Berair

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, maka dari itu kamu harus mengetahui cara untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam mengatasinya untuk itu simak penjelasan dibawah ini, antara lain:  

Memisahkan kandang kucing

Karena ada beberapa virus yang bisa menyerang dan menyebabkan matanya berair, maka dari itu hal ini bisa saja menular kepada kucing lainnya.

Kandang kucing

Jika kamu memiliki kucing lebih dari satu, maka hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu melakukan isolasi terhadap kucing lainnya.

Membersihkan kotoran pada mata kucing

Dan untuk mengatasinya kamu harus selalu membersihkan kotoran yang terdapat pada matanya, dengan cara memakai kapas lembut yang telah diberi air lalu diusapkan secara hati-hati.

Tapi jika tidak dibersihkan kucing juga akan melakukan pembersihan sendiri, dengan cara mengeluarkan air matanya secara berlebihan. Dan hal tersebut akan membuat matanya tidak bisa terbuka, maka dari itu peran kamu juga sangat dibutuhkan dalam membersihkannya.

Memberikan obat tetes mata untuk kucing berair

Dan cara selanjutnya dalam mengatasinya, yaitu dengan memberikan obat tetes mata khusus kucing dengan takaran yang dianjurkan.

Obat tetes kucing untuk mata kucing berair

Perlu kamu ingat sangatlah dilarang untuk memberikan obat tetes mata manusia kepada kucing. Hal ini dapat menyebabkan mata kucing bengkak dan malah akan menimbulkan iritasi .

2 Obat Tetes Kucing Terbaik

  • Stop Eyes

Ini termasuk obat yang sangat manjur digunakan untuk masalah iritasi mata pada kucing, tapi tidak manjur untuk mengatasi mata berair pada kucing yang memiliki gen mata berair.

Harga yang biasa dijual di petshop relatif murah yaitu, Rp.28.000 / botol kecil

  • Trixin

Obat merk ini juga memiliki manfaat yang sama seperti produk stop eyes, obat ini juga memiliki manfaat yang bisa meredakan infeksi. Sehingga dapat mengurangi serta menghentikan belek pada mata merah, dan berbagai jenis penyakit mata lainnya.

Harga dari produk ini juga lebih murah jika dibandingkan merk sebelumnya yaitu, seharga Rp 14.000 / botol kecil.

Membawanya ke dokter hewan

Dokter hewan

Setelah kamu melakukan cara-cara di atas tapi tidak menunjukan perubahan atau tanda-tanda kesembuhan, maka dari itu kamu harus sesegera mungkin membawanya ke dokter hewan.

Perlu kamu ingat karena tidak semua gejala yang terjadi bisa ditangani oleh sendiri, dan jangan sekali-kali kamu membiarkan mata berair pada kucing terlalu lama. Sebab, virus yang menyerang dapat menyebabkan kebutaan pada matanya.

Kesimpulan

Ada berapa faktor yang membuat mata kucing kamu berair, selain itu juga ada banyak virus-virus yang dapat menyerang kesehatan kucing kamu.

Sepintas masalah tersebut terdengar sepele namun sangat membahayakan kucing kamu, maka untuk mencegahnya rajinlah berkonsultasi kepada dokter hewan.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *