8 Tips Untuk Mengetahui Usia Kucing Kesayangan

Bagi mereka yang menyukai kucing bukan hanya sekedar memberikan perawatan. Akan tetapi sebelum anda memberikan perawatan anda harus bisa Mengetahui usia kucing sehingga mudah dalam perawatannya.

Terutama dalam hal pemberian pakan juga tidak semua usia bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sama karena semua ada aturan dan prosedur untuk menunjang kesehatannya.

Cara Mudah Menghitung Usia Kucing

Kesalahpahaman umum yang sering terjadi ketika Mengetahui usia kucing dalam Tahun.

Manusia banyak orang yang mengalikan usia kucing dengan angka 7. Namun sebenarnya, kucing dewasa akan lebih cepat pada 2 tahun pertama, lalu penuaan pada usia kucing akan melambat.

Untuk anda yang tidak mengetahui cara Mengetahui umur kucing. Ada beberapa cara untuk mengetahui umur si kucing yang bisa dilakukan antara lain;

Bisa dilihat dari jumlah gigi

Yang pertama cara mengenali umur kucing dari jumlah gigi yang pertama tumbuh pada anak kucing yaitu gigi seri pada usia sekitar 2-4 minggu. Pada gigi taring pada usia 3-4 minggu terus diganti sama gigi geraham pada usia 3-4 minggu.

Ketika gigi kucing terus berubah di usianya yang terus berkelanjutan. Disitu juga kucing umur 6 hingga 1 tahun akan memiliki gigi dewasa.

Warna gigi

Gigi kucing akan memperlihatkan perubahan seperti tanda penuaan seiring pertambahan usianya.

Giginya akan berubah menjadi warna kuning menandakan kucing tersebut sudah dewasa dan tua untuk tingkat penguningan sendiri bisa menentukan usia.

Cara memeriksa gigi pada kucing

Salah satu tanda indikasi penuaan pada kucing yaitu dari keusangan pada giginya dengan anda rutin memeriksa kondisi gigi-gigi nya.

Mengetahui usia kucing melalui Gigi Kucing

Karena telah usang maka gigi kucing akan kehilangan ketajaman hingga membuat tumpul bahkan patah.

Dilihat dari tekstur bulunya

Semakin bertambah usia bulu kucing akan terlihat berbeda karena kucing yang muda dominan memiliki bulu yang lebih halus dibandingkan dengan kucing yang sudah tua bulu nya akan lebih kasar.

Baca Juga : Kucing Birman, Bahas Harga, Cara Merawat Dan Sejarahnya

Selanjutnya adalah dengan merasakan nya, karena  makin bertambahnya usia bulu tentu saja akan berubah.

Jika tekstur nya lebih tebal dan kasar bisa dikatakan bahwa usianya lebih tua. Jika dibandingkan dengan kucing yang masih muda akan memiliki tekstur bulu yang tipis namun lembut.

Mengenali Usia Kucing Dari Tipe tubuh

Seiring bertambah usianya maka tingkat aktivitasnya juga berubah, selain bentuk tubuh yang berbeda. Karena kucing yang masih muda memiliki tubuh yang lebih ramping berbeda dengan kucing yang berusia pertengahan biasanya lebih berisi.

Suasana Hati

Suasana hati kucing yang sudah tua biasanya mempunyai penglihatan dan pendengaran yang kurang baik serta sering merasakan kesakitan akibat terjadinya encok seperti halnya manusia.

Karena bertambahnya usai juga turut menjadikan kucing mempunyai suasana hati yang berbeda.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Mata Kucing BerAir ? Dan Cara Mengobatinya

Pola tidur

Karena untuk kucing yang berusia  2 minggu – 6 minggu akan terlihat lebih normal, Namun berbeda untuk kucing yang berusia 1 tahun atau lebih yang biasanya dengan posisi lebih lucu dengan banyak gaya.

Pola Kucing Tidur

Dan kebanyakan kucing pada waktu tidur dengan seiring bertambahnya usia akan mempunyai posisi yang berbeda dari usia yang masih muda.

Kesimpulan

Itulah cara untuk mengetahui umur kucing, dengan itu anda bisa memberikan perawatan ataupun makanan dengan porsi yang tepat dan disesuaikan dengan umur si kucing.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *