5 Cara Mengobati Luka Pada Kucing Dengan Mudah

Kucing adalah hewan yang sering berkelahi dengan kucing lain, karena untuk menunjukkan kekuasaan wilayahnya. Oleh karena itu anda harus bisa mengobati luka pada kucing ketika sesudah berkelahi.

Gigi kucing sendiri salah satu sumber bakteri yang dapat menginfeksi  luka, sering kali mereka menggunakan gigi sebagai senjata untuk menggigit kucing lainnya.

Biasanya luka gigitan yang terjadi dapat menyebabkan infeksi dan bengkak, karena dengan menggigit bakteri yang terdapat pada gigi, hasilnya akan menempel di kulit bahkan terperangkap dibawah kulit.

Pengecekan Terhadap Luka Kucing

Pertama yang harus anda lakukan adalah pengecekan terhadap luka tersebut. Sering kali sebagai pemiliknya tidak menyadarinya terkadang luka pada kucing telah tertutup dan tidak ada penyakit.

Padahal didalam jaringannya masih terdapat bakteri yang menyebabkan infeksi karena luka tersebut yang tidak diketahui, dampaknya juga akan mengakibatkan kematian.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Merawat Kucing Kampung Agar Semakin Nurut Dan Sehat

Jika ada merasa kucing memiliki masalah sikap lemas dan tidak begitu aktif seperti biasa. Mungkin anda bisa mencari letak masalahnya seperti ditakutkan ada luka pada hewan tersebut.

Biasanya kucing yang terluka akan tertutup oleh bulu lebat nya hingga tidak nampak dari luar.

Ada juga terkadang luka dapat ditemukan dengan ciri bulunya yang gimbal atau menggumpal.

Anda harus lakukan untuk mempermudah anda memeriksa luka tersebut. Cara mudah mengobati luka pada kucing adalah dengan memotong sedikit bulu tersebut secara perlahan.

Mengobatinya harus hati-hati karena khawatirnya kucing merasakan sensasi rasa sakit yang luar biasa karena luka tersebut.

Tujuan mengobati luka pada kucing tersebut adalah menghindari luka yang mematikan. Maka dari itu anda harus jeli untuk mengecek seberapa parahnya luka seperti berdarah, nanah, bengkak maupun lecet.

Ketika telat penanganan sudah dipastikan kucing akan merasa kesakitan dan luka yang dihasilkan mungkin bisa jadi lebih parah dari awal.

3 Cara Mudah Membersihkan Luka Kucing

Luka tersebut harus segera dibersihkan agar tidak semakin parah serta berlanjut infeksi dan menyebar ke daerah tubuh yang lain.

ketika mengobati kucing, biarkan kucing tenang

Dan dalam membersihkan luka juga ada aturan yang harus anda lakukan dan perhatikan tips dibawah ini dalam membersihkan luka, yaitu;

Pastikan kucing anda dalam kondisi tenang

Biasanya jika kucing anda mengalami kesakitan akan selalu bergerak-gerak, maka selanjutnya anda haru menenangkan nya terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Sebelum proses pembersihan luka anda bisa memberinya makan terlebih dahulu atau mainan, karena ini bertujuan untuk memudahkan saat membersihkan nya.

Berikan cairan pembersih luka

Obat cairan ini bisa membersihkan dan menghilangkan bakteri yang terdapat pada luka hewan khususnya kucing.

Anda juga bisa mendapatkan di toko obat terdekat maupun ke dokter hewan tentunya biaya obat tergantung kualitasnya.

Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan bumbu pertama yang ada di dapur. Salah satu obat bumbu dapur adalah garam, karena garam sendiri mengandung antiinfeksi.

Dengan cara sebagai berikut :

  • Rebus air sekitar satu gelas
  • Kemudian berikan garam sebanyak satu sendok makan dan biarkan hingga larut
  • Setelah itu angkat dan biarkan dingin dan baru bisa anda siramkan pada luka kucing sedikit demi sedikit ya.

Bersihkan luka dengan suntikan

Tentu saja cara ini menggunakan suntikan yang tanpa jarum ya, dengan cara memasukkan cairan pembersih luka ke dalam suntikan lalu di semprot kan secara perlahan, anda bisa melakukan nya secara rutin hingga luka bersih.

Ketika Kucing Luka, Gunakan suntikan untuk menyembuhkan

Demi keamanan sebaiknya nada melakukannya dengan meminta bantuan orang lain untuk memegangi si kucing pada saat melakukan.

Membawa Kucing yang Terluka ke Dokter Hewan

Perhatikan luka pada setiap harinya jika tidak ada perubahan, maka dianjurkan anda untuk segera membawanya ke dokter hewan. Mengobati luka kucing memang penting untuk keselamatannya.

Mengobati Kucing Luka dibawa ke dokter hewan

Biasanya jika luka hanya di permukaan kulit saja maka luka akan sembuh dengan sendirinya, tapi jika luka yang terjadi sangat dalam bahkan mengalami pendarahan. Dianjurkan anda untuk membawanya ke dokter hewan untuk mengobati luka kucing, agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Lakukan Pemeriksaan Rutin Pasca Perawatan

Jika Anda sudah membawanya ke dokter hewan, karena luka yang terdapat pada kucing anda cukup parah. Bukan berarti luka tersebut cepat sembuh, jadi sangat membutuhkan banyak waktu dalam proses penyembuhan tersebut.

Pada dasarnya luka yang dialami setiap kucing berbeda tergantung apa penyebabnya. Maka dari itu anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut pasca perawatan rutin.

Hal tersebut bertujuan agar anda mengetahui luka si kucing aman atau tidak.  Hal tersebut bertujuan memastikan bahwa luka tidak menular kebagian lainnya.

Kesimpulan

Jika terdapat luka pada kucing anda tidak perlu panik dan khawatir, anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk merawat kucing yang terluka.

Anda bisa memberikan pertolongan pertama kepada kucing yang terluka atau sekedar menghilangkan rasa sakit atau memberikan perawatan agar tidak terjadi infeksi pada luka tersebut.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *