4 Cara Mudah Merawat Kucing Kampung Agar Semakin Nurut Dan Sehat

Kalian pasti tidak asing dengan kucing yang satu ini? yap, Hewan kampung ini hewan yang sering kita jumpai. Apakah kalian berminat untuk merawat kucing kampung.

Ketika ingin memelihara hewan yang sering dijumpai ini, jangan lupa untuk pelajari bagaimana cara merawat kucing kampung. Karena pada dasarnya namanya hewan peliharaan tetap harus sesuai prosedur agar kucing tersebut sehat.

Cara mudah untuk merawatnya juga kami jelaskan disini sehingga anda tinggal mempelajari hal yang disukai maupun tidak disukainya. Sehingga kucing tersebut akan terasa nyaman memiliki majikan seperti anda.

Peralatan Untuk Merawat Kucing Kampung

Sebelum untuk memeliharanya anda juga harus memiliki peralatan untuk merawat kucing kampung tersebut.

Meski kucing kampung perawatan dan peralatan nya juga sama seperti halnya jenis ras kucing lainnya. Anda perlu menyediakan alat-alat dibawah ini;

Bak pasir

Agar kucing kampung kalian tidak buang kotoran dengan sembarangan maka bak pasir ini sangat diperlukan.

Membeli bak Pasir untuk merawat kucing kampung dengan mudah

Anda juga harus ekstra sabar dalam melatih kucing ini agar membuang kotoran di bak pasir yang telah kamu sediakan.

Baca Juga : Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Botol susu

Jika kucing kampung yang anda pelihara masih kecil atau masih membutuhkan susu dari induknya akan tetapi tidak memiliki induk.

Salah satu cara adalah dengan menggunakan botol susu khusus kucing kecil sehingga anda bisa memberikan nutrisi terbaiknya untuk hewan kesayangan.

Tempat tidur untuk kucing

Ketika merawat kucing kampung, Anda harus membeli tempat tidur khusus

Anda harus menyediakan tempat tidurnya sendiri untuk kucing peliharaan anda. Anda juga bisa membuatnya dengan kardus atau keranjang bekas yang kemudian dilapisi dengan kain untuk memberi kehangatan.

Memberikan Makan Untuk Kucing Kampung

Ada dua jenis makanan yang bisa anda berikan kepada kucing peliharaan. Anda biasa memberikan makanan basah (wet food) atau makanan kering (dry food).

Kedua jenis makanan tersebut banyak dijual dipasaran tinggal anda memilih mau memberikan makanan kucing kampung yang mana.

Dalam pemberian makan, anda juga harus menyesuaikan umur si kucing. Karena setiap umur berbeda asupan nutrisi yang dibutuhkan dalam proses perkembangannya.

Anda bisa memberikan kucing anda makan dalam sehari sebanyak kurang lebih 5 kali.

4 Langkah Mudah Dalam Merawat Kucing Kampung

Meski kucing kampung sering kali di kucilkan karena terkadang banyak lahirnya kucing baru. Akan tetapi bila mana anda berminat untuk merawatnya, tentu harus mempelajari merawatnya.

Nah meski terkadang kucing tersebut banyak, tidak salahnya pelihara satu maupun dua kucing untuk teman bermain.

Memandikan kucing kampung

Agar kebersihan tubuhnya selalu selalu terjaga, anda perlu memandikannya karena kucing kampung sama seperti kucing lainnya.

Kucing mandi

Dalam memandikannya kucing kampung dewasa bisa dimandikan secara biasa seperti kucing lainnya. Akan tetapi anda harus tetap hati-hati karena jika dipaksa kucing kampung biasanya akan memberontak dan mencakar.

Baca Juga : Alasan Kucing Tidak Mau Makan Dan Cara Membujuknya

Dan untuk anak kucing kampung bisa dimandikan tapi hanya menggunakan tisu basah saja. Karena kucing kampung rentan terhadap penyakit paru-paru jadi ketika musim hujan sebaiknya kucing kampung tidak perlu dimandikan ya.

Memberikan susu pada kucing kampung

Jika kucing kampung yang anda pelihara masih kecil terutama tidak memiliki induk.

Ketika saat memberikan susu pada anak kucing anda harus memastikan tubuh anak kucing tidak terkena tumpahan susu tersebut.

Karena hal tersebut bisa menyebabkan jamur pada kulit anak kucing jika tidak dibersihkan.

Maka dari itu apabila terkena air susu segera lah anda membersihkan nya dengan menggunakan tisu basah secara perlahan.

Untuk memberikan susu pada anak kucing, anda bisa menggunakan air hangat dan susu yang diberikan adalah susu formula yang khusus anak kucing. Dalam satu hari anda bisa memberikannya sebanyak 4-6 kali.

Cara merawat bulu kucing kampung

Biasanya masalah yang sering dialami kucing kampung pada bulu terutama dari masalah kutu.

Cara mudah untuk menyingkirkan kutu tersebut anda bisa menggunakan bedak khusus untuk kutu pada bulu kucing.

tips mudah untuk merawat bulu kucing kampung

Jika anda tidak mengetahui bedak jenis apa yang harus digunakan lebih baik meminta saran dari dokter hewan. Selain itu anda juga bisa menyisir bulu kucing dengan menggunakan sisir khusus pada bulu kucing untuk menyingkirkan kutu tersebut.

Memberikan suplemen untuk kucing kampung

Suplemen ini sangat berguna untuk menjaga stamina tubuh kucing serta mencegah dari berbagai virus atau penyakit yang bisa kapan saja menyerang si kucing.

Meski sudah memberikan makanan yang bernutrisi anda juga diwajibkan untuk memberikan suplemen ini agar kucing semakin sehat dan lebih baik.

Harus disesuaikan dengan bobot tubuh si kucing sebelum anda memberikan suplemen tersebut.

Gejala Yang Sering Terjadi Pada Kucing Kampung

Keracunan bisa saja terjadi akibat makanan yang dimakan si kucing pada saat kucing tersebut tidak ada dirumah, dan ini bisa terjadi jika kucing peliharaan anda suka bermain diluar.

Karena saat diluar rumah anda tidak mengetahui makanan apa saja yang dimakan, lalu pada saat pulang menunjukan gejala yang tidak wajar seperti muntah-muntah itu bisa saja kucing anda mengalami keracunan.

Dan anda bisa memberikan obat norit yang telah ditumbuk halus, setengah butir norit untuk anak kucing dan satu butir norit untuk kucing dewasa.

Selain keracunan, gejala yang sering terjadi pada kucing kampung yaitu terserang flu biasanya terjadi ketika musim hujan, dikarenakan kucing kampung rentan terhadap penyakit paru-paru. Jika kucing peliharaan anda terserang flu, maka anda bisa menjemur nya dibawah sinar matahari.

Kesimpulan

Walaupun kucing kampung memiliki daya tarik yang berbeda dengan kucing ras lainnya, tapi ada banyak orang yang lebih menyukai kucing kampung dibanding kucing ras. Jika kamu berminat untuk memeliharanya perlakukanlah sebaik mungkin dan tidak membeda-bedakan dengan kucing ras lainnya.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *