Ketahui Tanda Kucing Hamil Agar Tepat Menanganinya

Kucing salah satu hewan mamalia tentunya melahirkan mulai dari 3 hingga 5 anak. Nah jika pelihara hewan tersebut, sudah pasti harus tau tanda kucing hamil.

Banyak pemilik yang bertanya ciri-ciri kucing hamil, untuk mengetahuinya bahwa hewan kesayangan anda sedang masa kandungan?  sebenarnya tidak harus ke dokter untuk memastikan nya. Anda cukup memperhatikan mulai perubahan fisik maupun perilakunya.

Cara Mengetahui Kucing Hamil

Kucing betina akan mengalami sebuah gejala birahi pada usia sekitar 6 bulan. Umur tersebut sudah cocok untuk kawin dengan jantan, akan tetapi yang lebih baik lagi di Umur 1 tahun.

Dan berikut ini cara mengetahui perubahan fisik yang biasa terjadi adalah:

Muntah

Sama halnya seperti manusia ternyata kucing ketika hamil muda akan menampakkan gejala awal seperti muntah. Akan tetapi tidak semua kucing akan mengalami hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya bawa ke dokter agar bisa di tangani apakah sedang masa dalam kandungan maupun sakit.

Siklus birahi yang berhenti tiba-tiba

Biasanya siklus birahi kucing adalah 1 – 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung selama 7 hari.

Dalam waktu birahi tersebut si kucing tidak minta kawin itu bertanda siklus birahi berhenti. Dan kemungkinan besar hewan baru-baru ini sedang masa kandungan.

Nafsu makan meningkat

Ketika hewan yang sedang masa kandungan tentu saja energi yang dikeluarkan lebih banyak.

Jadi hewan tersebut memerlukan energi atau protein yang lebih dibandingkan kucing biasanya.

Kucing membutuhkan makan yang banyak ketika sedang hamil

Jadi nafsu makan akan meningkat dan untuk anda sebagai pemiliknya harus memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga :Kucing Persia Medium, Ketahui Cara Merawat Beserta Harganya

Manja dan lebih lembut

Kucing hamil biasanya akan bertingkah manja dan lembut sama kita sebagai pemiliknya. Meski terkadang-kadang dari mereka akan terlihat gelisah dan menyendiri.

Kucing tiba-tiba jadi tukang tidur

Ketika hewan tersebut menjadi sering tidur, coba anda periksa apakah di karena kan sakit atau sedang hamil.

Tanda kucing hamil diawali dengan sering tidur

Jika memang hamil, anda harus memberikan pelayanan yang tepat untuk kucing merasa nyaman.

Kelakuan seperti bersarang

Kucing memiliki kebiasaan ketika mau melahirkan dalam waktu yang dekat mencari sebuah tempat yang nyaman. Maka dari itu ketika kucing anda mengalami hal tersebut, anda bisa memberikan tempat yang nyaman.

Jika dirasa hewan sudah hamil tua, sudah sewajarnya anda memberikan pelayanan terbaik berupa tempat yang hangat agar kucing nyaman.

Sensitif terhadap kucing lain

Ketika sudah melahirkan maka hewan tersebut berperan sebagai seorang ibu. Itu akan terlihat jelas bagaimana hewan kucing ini sensitif maka dari itu jangan kaget.

Baca Juga : Tips Makanan Untuk Anak Kucing Agar Benar Dalam Memberikan Nutrisi

Ada juga perubahan fisik yang sangat jelas bila anda selalu rutin memperhatikannya. Akan tetapi, itu juga tidak terlalu penting karena masih samar-samar.

Perut kucing mulai membesar

Ketika memasuki usia 5 minggu, perut kucing akan tampak menjadi lebar membesar hal ini dikarenakan anak kucing sudah mulai tumbuh.

tanda kucing hamil dilihat dari perutnya yang gemuk

Puting si kucing akan menjadi merah atau membesar

Bila anda perhatikan, puting kucing membesar karena sudah memiliki asi dimana tentunya hal tersebut memasuki fase di minggu ke 5.

Maka dari itu, untuk mengecek apakah sudah minggu ke 5 atau belum anda bisa melihatnya dari puting hewan ini.

Bulu yang mulai rontok

Ketika sedang masa kandungan, bulu pada hewan tersebut akan rontok di sekitar puting hewan tersebut.

Bentuk punggung kucing  yang melengkung

Jika anda sering mengamatinya bentuk punggung ketika kucing anda hamil, anda akan menemukan dari ujung kepala sampai ujung ekornya akan terlihat melengkung, karena sebagian perut yang mulai membesar.

Cara Mengetahui Berapa Usia Kucing Anda Hamil?

Walaupun ciri-ciri kucing hamil sama dengan manusia, tapi jangan samakan usia kehamilan kucing dengan usia kehamilan manusia yang 9 bulan ya.

Biasanya kucing mempunyai masa kehamilan sekitar 65 hari, dan ada menyebutkan juga jika kehamilan kucing selama 58-74 hari. Ada faktor lain yang mempengaruhi masa kehamilan, yaitu kondisi kesehatan kucing nya sendiri.

Dan rata-rata kucing akan mengandung paling banyak 13 dan paling sedikit 1, tapi biasanya kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 – 6 anak kucing.

Makanan Untuk Kucing Hamil

Untuk kita sebagai pemiliknya harus bisa memilih makanan yang mengandung gizi tinggi, karena kucing yang hamil akan lebih banyak membutuhkan energi dan protein dari kucing biasanya.

Anda harus memberikan porsi yang lebih banyak dan jangan lupa selalu memberikan suplemen kalsium untuk memperkaya produksi air susunya,.

Kesimpulan

Jika anda sudah mengetahuinya bahwa kucing anda hamil, maka tugas anda adalah memberikan perawatan yang lebih baik.

Guna untuk keberlangsungan hidup antara induk dan anak sehingga anda memiliki banyak hewan peliharaan.

Akan tetapi, bila anda merasa terlalu banyak memiliki hewan lucu tersebut, mungkin bisa memberikannya kepada tetangga untuk merawatnya dengan baik.

You May Also Like

About the Author: haris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *